Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Facebook Mendadak Muncul di Peluncuran Galaxy S7

Kompas.com - 22/02/2016, 08:51 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Ada pemandangan mengejutkan di tengah peluncuran duet Galaxy S7 dan S7 Edge hari ini, Minggu (21/2/2016) di Barcelona, Spanyol.

Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg tiba-tiba memperlihatkan batang hidungnya di panggung acara bertajuk "Samsung Galaxy Unpacked" tersebut. Padahal, tak ada tanda-tanda atau gelagat yang terendus sebelumnya.

Dengan setelan kaos abu-abu dan jeans andalannya, Zuckerberg melempar senyum ke seluruh hadirin. Lantas, apa maksud kehadiran Zuckerberg? 

Rupanya kehadirannya berkaitan dengan kerja sama bisnis antara software virtual reality (VR) "Oculus" buatan Facebook dengan hardware "Gear VR" buatan Samsung.

Zuckerberg sesumbar bahwa kombinasi keduanya akan memberikan pengalaman visual terbaik bagi masyarakat modern. 

"Samsung adalah penyedia perangkat VR terbaik yang disokong dengan software terbaik dari Facebook," kata dia dalam kesempatan itu.

Zuckerberg punya harapan besar dengan masa depan VR yang kontennya didukung video berformat 360. Ia bercerita tentang pengalaman keluarganya. 

Dulu, generasi tua di keluarga Zuckerberg -dan mungkin kita semua- mengabadikan momen penting lewat foto. Misalnya momen ketika anak pertama kali bisa menginjakkan kaki ke tanah dan melangkah.

"Saudara perempuan saya yang lebih modern mengabadikan momen itu lewat video. Nanti, momen-momen berharga bisa diabadikan dan dibagi ke orang lain dengan visualisasi yang nyata, seakan-akan orang yang melihatnya merasa benar-benar ada di situ" kata dia mengindikasikan hasil video berformat 360.

Diketahui, Gear VR adalah kacamata realitas virtual buatan Samsung yang diperkenalkan pertama kali pada akhir November 2015 lalu.

Kali ini, bertepatan dengan peluncuran Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung menambah ekosistem realitas virtual dengan menghadirkan kamera "Gear 360".

Sesuai namanya, kamera portable berbentuk bulat tersebut dirancang untuk membidik gambar dan merekam video berformat 360. Belum jelas kapan Gear 360 akan hadir di pasaran secara komersil. harganya juga belum diungkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com