Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapdragon Wear 2100 Bakal Perbanyak Smartwatch untuk Wanita

Kompas.com - 24/02/2016, 14:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Dua minggu lalu, pabrikan chip mobile Qualcomm memperkenalkan prosesor baru yang khusus ditujukan untuk wearable device, Snapdragon Wear 2100.

Sebelumnya pabrikan ini mengandalkan chip smartphone Snapdragon 400 dan 200 untuk dipakai di smartwatch.

Selain penghematan daya yang diklaim lebih irit hingga 25 persen dibanding Snapdragon 400, Snapdragon Wear 2100 juga memiliki ukuran fisik yang 30 persen lebih kecil.

Menurut Senior Director & Business Lead Smart Wearable Segment Qualcomm, Pankaj Kedia, hal tersebut bakal berujung pada dimensi perangkat yang lebih mungil pula.

"Kalau dulu di smartwatch generasi pertama lebih banyak jam tangan untuk pria karena berukuran besar, nantinya dengan Snapdragon Wear 2100 akan lebih banyak arloji wanita yang kecil ukurannya," kata Kedia saat ditemui KompasTekno di arena pameran Mobile World Congress 2016, Barcelona, Spanyol, Selasa (23/2/2016),

Produk berbasis Snapdragon Wear 2100 sendiri saat ini masih belum tersedia. Baru ada sebuah unit prototipe dari Borqs yang ketika itu ditunjukkan oleh Kedia di hadapan sejumlah jurnalis yang hadir di booth Qualcomm.

Kedia memperkirakan smartwatch Snapdragon Wear 2100 akan mulai memasuki pasar pada paruh kedua tahun ini. "Sudah ada 25 pabrikan rekanan Qualcomm yang sudah memiliki rancangan wearable berbasis prosesor ini. Ke depannya nanti akan ada lebih banyak lagi," katanya.

Selain ukuran fisik yang lebih kecil, gadget berbasis Snapdragon Wear 2100 bakal memiliki baterai yang lebih tahan lama karena soal konsumsi daya yang lebih rendah tadi.

Demi meningkatkan efisiensi daya, Qualcomm turut meniadakan fungsi-fungsi yang dipandang tidak penting untuk sebuah smartwatch, yakni dukungan jaringan LTE category 4 dan carrier agregation. Meski begitu, Snapdragon Wear 2100 turut menawarkan pilihan konektivitas yang lengkap, mencakup LTE, Wi-FI, dan Bluetooth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com