Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Smartphone “Modular” LG G5 di Barcelona

Kompas.com - 29/02/2016, 16:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis


BARCELONA, KOMPAS.com - Selain Samsung Galaxy S7, pabrikan smartphone Korea Selatan lainnya, LG, turut memperkenakan model flagship bernama G5 dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona, Spanyol, minggu lalu.

LG G5 mengusung perubahan-perubahan besar dibanding pendahulunya, baik dari segi desain, fitur, maupun aksesoris-aksesoris pelengkap. Beberapa di antaranya terlihat cukup radikal, bahkan untuk ukuran ponsel masa kini.

KompasTekno sempat menjajal LG G5 ketika menelusuri arena pameran MWC 2016 dan merasa cukup terkesan dengan inovasi yang ditawarkan. Seperti apa? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Desain baru berbalut logam

Pertama kali melihatnya, perbedaan antara LG G5 dengan model terdahulu, G4, akan langsung tampak. LG menerapkan rancangan baru pada G5 dengan cangkang berbalut logam.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tampak depan LG G5

Hilang sudah material plastik yang dulu membuat G4 terasa sedikit “murahan”, berganti bahan kaca dan metal yang menyelimuti sekujur tubuh G5.

Sisi muka G5 didominasi oleh layar AMOLED berukuran cukup besar, mencapai 5,3 inci. Tampilannya terlihat sangat cemerlang dengan resolusi Quad-HD (2.560x1.440 piksel).

Tiga tombol softbutton “home”, “back” dan “menu” untuk standar navigasi OS Android 6.0 Marshmallow terdapat di bagian antarmuka layar.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tampak belakang LG G5

Sistem operasi Android paling anyar tersebut dilapis UI gaya baru dari LG yang meniadakan app drawer sehingga semua icon aplikasi bisa ditemukan di tampilan utama.

LG turut menyematkan sejumlah fitur baru yang dulu absen pada G4, termasuk sebuah pemindai sidik jari berbentuk bulat di bagian punggung.

Fingerprint scanner sekaligus berfungsi sebagai tombol daya. Jadi, pengguna G5 bisa langsung “membangunkan” perangkat sekaligus membuka kunci dengan menekan jari pada bagian ini.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com LG G5 tersedia dalam empat pilihan warna, yakni silver, dark grey, gold, dan pink

Posisinya sengaja diletakkan di punggung karena ujung jari telunjuk pengguna secara alami akan berada di sana ketika menggenggam perangkat.

Konsep peletakkan jari tersebut sebenarnya juga dianut oleh G4. Bedanya, G5 memindahkan tombol pengatur volume ke area yang lebih konvensional, yakni di sisi kiri perangkat.

Konsep modular

Fitur lain yang lebih menarik adalah rancangan “modular” pada G5. Meski dikatakan menganut rancangan “unibody”, sisi bawah perangkat yang berdekatan dengan layar bisa dicopot untuk melepas baterai (2.800 mAh), seperti tampak dalam rangkaian foto di bawah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com