Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Mobil Tanpa Sopir Google Menabrak Bus

Kompas.com - 01/03/2016, 10:43 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Selama ini Google membanggakan fakta bahwa mobil tanpa sopir buatannya tak pernah tabrakan. Fakta tersebut kini sudah tercoreng, setidaknya kendaraan otomatis tersebut sekali ini mengalami tabrakan.

Peristiwa itu diketahui dari dokumen yang dicatatkan ke California Department of Motor Vehicles. Keterangan di dalamnya menunjukkan sebuah mobil tanpa awak bermerek Lexus menabrak bus.

Kronologi kejadian tersebut, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (1/3/2016), mengungkap bahwa mobil Google sedang dalam mode otomatis dan melaju di jalanan El Camino Real, Mountain View.

Mobil ada di sisi kanan jalan, mengarah ke perempatan St. Castro dan memberi sinyal akan belok ke kanan.

Namun mobil tanpa awak tersebut terhalang sebuah karung pasir yang kebetulan berada di sekeliling lubang saluran air. Maka mobil tersebut dalam kondisi bergerak maju mundur.

Ketika lampu hijau menyala, seluruh kendaraan bergerak melewatinya. Mobil Google itu kemudian berusaha untuk kembali ke bagian tengah jalan setelah dilewati sejumlah mobil lain.

Pengemudi yang sedang menguji mobil tanpa awak tersebut kemudian melihat ada bus umum yang mendekati mereka dari belakang. Bus itu terlihat dari spion kiri.

Kendati demikian, sistem komputasi mobil tanpa awak memprediksi bus umum akan berhenti atau melambat untuk memberi jalan padanya.

Sekitar tiga detik kemudian, mobil tanpa awak masuk ke bagian tengah jalan dan menabrak bagian samping bus umum yang melaju 14 kilometer per jam.

Untungnya tidak ada satu orang pun yang terluka akibat tabrakan tersebut. Mobil tanpa awak Google hanya mengalami sejumlah kerusakan kecil pada bagian depan, roda kiri serta sensor yang berada di sisi pengemudi.

"Kami sudah meninjau peristiwa ini (juga ribuan variasinya) dalam alat simulasi, lalu memakainya untuk perbaikan piranti lunak. Mulai sekarang mobil tanpa awak kami akan lebih memahami bahwa bus dan kendaraan besar lain cenderung tidak memberikan jalan ketimbang kendaraan jenis lain," tulis raksasa mesin pencari itu dalam naskah laporan bulanan mengenai mobil tanpa awak tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com