Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Vivo Xplay 5, Ponsel Pertama dengan RAM 6 GB

Kompas.com - 02/03/2016, 13:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Vivo akhirnya resmi memperkenalkan ponsel yang digadang-gadang sebagai Android pertama dunia dengan RAM 6 GB. Mereka menyebutnya sebagai Xplay 5 dan hanya dijual di China saja.

Sebelumnya kabar mengenai ponsel dengan RAM lebih besar dari sebagian laptop biasa itu hanya desas-desus yang belum jelas. Pengumuman ini memastikan keberadaan Vivo Xplay 5.

Selayaknya ponsel dengan ukuran RAM besar, Vivo pun membekalinya dengan spesifikasi mutakhir. Layarnya mengunakan panel AMOLED berukuran 5,43 inci dan memiliki ketajaman Quad HD.

Kedua sisi layar melengkung, mirip dengan penampang layar Galaxy S7 Edge. Bagian lengkungan tersebut juga bisa diisi dengan aplikasi-aplikasi tertentu seperti pada ponsel Samsung itu.

Sedangkan dapur pacu ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820 dan media penyimpanan berbasis memori flash UFS 2.0 yang diklaim bekerja sangat cepat.

Ponsel bertubuh aluminium Vivo Xplay 5 disebut memakai sistem pendingin cair, sehingga sanggup mengamankan prosesor dari panas berlebih.

Di bagian belakang bertengger sebuah kamera setajam 16 piksel. Vivo memakai sensor Sony IMX298 untuk urusan pengabadian momen ini, juga fitur tambahan berupa dual tone LED dan phase detection autofocus.

Namun sayangnya, seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (2/3/2016), Vivo Xplay 5 saat ini baru tersedia untuk pre-order saja. Lokasinya pun baru di China.

Hanya edisi RAM 4GB/128 GB saja yang sudah dibuka untuk pemesanan dengan harga 565 dollar AS atau setara Rp 7,4 juta. Belum diketahui berapa harga untuk edisi RAM 6 GB, tapi diprediksi bisa saja dibanderol jauh lebih mahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com