Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Cari 5 Startup Indonesia untuk Berangkat ke Silicon Valley

Kompas.com - 03/03/2016, 17:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Google Indonesia kembali membuka program pembinaan startup "Launchpad Accelerator". Hal tersebut disampaikan dalam sesi media hari ini, Kamis (3/3/2016), di Restoran Locanda, Jakarta.

Pendaftaran sudah bisa dilakukan melalui situs resmi Google Developers, hingga 31 Maret mendatang.  Selanjutnya bakal ada proses seleksi untuk memilih lima startup paling potensial.

Developer Relations Program Manager Google Erica Hanson mengatakan, panitia "Launchpad Accelerator" mematok beberapa kriteria yang dijadikan pakem dalam proses seleksi.

"Startup harus punya tim yang solid, ada solusi yang ditawarkan, dan pertumbuhan basis penggunanya positif," ia menjelaskan.

Lima startup terpilih bakal mewakili Indonesia bertandang ke Silicon Valley, AS, selama dua minggu. Di sana, mereka akan bertemu dengan sesama founder dari tiga negara lain, yakni Brazil, India, Meksiko.

Dibandingkan tahun lalu, penyelenggaraan "Launchpad Accelerator" kali ini sedikit berbeda. Setidaknya jika ditilik dari jumlah negara yang bergabung dan jumlah perwakilan startup tiap-tiap negara.

Sebelumnya, hanya ada tiga negara yang bergabung, yakni Indonesia, India, dan Brazil. Selain itu, jumlah perwakilan startup masing-masing negara yang sebelumnya delapan dikurangi jadi lima.

"Tujuan kami, lebih banyak negara, pertukaran pikiran antar pengembang akan semakin beragam karena kondisi startup tiap negara beda-beda," kata Communication Manager Google Indonesia Jason Tedjasukmana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com