Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Anti-air Galaxy S7 Terungkap Setelah Dibongkar

Kompas.com - 08/03/2016, 12:19 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BGR
KOMPAS.com - Fitur anti air (water-resistant) menjadi salah satu andalan duet Galaxy S7 dan S7 Edge. Meski fitur itu pernah dipatrikan pada Galaxy S5, Samsung mengklaim kali ini kemampuannya jauh lebih memukau.

Dari segi serifikasi, Galaxy S7 memang sudah mengenggam IP68. Sementara Galaxy S5 hanya bersertifikasi IP67.

Lebih lanjut, untuk membuktikan kehebatan water-resistant Galaxy S7, YouTuber JerryRigEverything mengoprek bagian dalam flagship teranyar tersebut, sebagaimana dilaporkan BGR dan dihimpun KompasTekno, Selasa (8/3/2016).

Dari sisi paling luar, panel kaca Galaxy S7 tampak berupaya menghadang air masuk ke organ perangkat. Hal itu dimungkinkan lapisan lem super lengket dan solid yang berceceran di semua tepi panel sisi dalam Galaxy S7.


Galaxy S7 juga tak memasang tutup pelindung pada port USB dan headphone, seperti yang dilakukan pada Galaxy S5. Hal tersebut dimungkinkan segel karet yang melindungi sisi dalam tiap lubang konektor.

"Tim kami berpikir untuk menghadang air bukan cuma dari luar, tapi juga dari dalam. Sekarang pengguna nggak perlu lagi repot-repot membuka tutup cover untuk mengisi baterai," kata Director Marketing Samsung Indonesia Vebbyna Kaunang, beberapa saat lalu.

Untuk melindungi kisi-kisi speaker, Samsung menempatkan layar pelindung tepat dibaliknya Layar tersebut berfungsi mengusir air yang hendak masuk. Di saat bersamaan, layar itu tak akan menghalangi audio keluar ke speaker. Audio tak bakal jadi sumbang atau cempreng.

Fatimah Kartini Bohang Tampak bawah Samsung Galaxy S7 Edge

Meski kemampuan anti airnya sudah lebih canggih, masih ada catatan penting yang perlu diingat pengguna Galaxy S7. Pertama, tak diperkenankan mengajak Galaxy S7 berenang ke kedalaman lebih dari 1,5 meter. Perangkat juga tak boleh berendam di air lebih dari 30 menit.

Kedua, motherboard di dalam perangkat tak anti air. Jika air sampai mengenai organ utama tersebut, hardware akan rusak. Kabar baiknya, Galaxy S7 juga menyematkan stiker di dekat tiap-tiap lubang port. Stiker itu berfungsi sebagai indikator untuk memperingati pengguna.

Ketika stiker itu menyala, pengguna akan sadar bahwa air sudah masuk ke dalam perangkat dan Galaxy S7 harus lekas diangkat ke tempat kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com