Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Facebook, Buka Artikel WordPress Lebih "Enteng"

Kompas.com - 10/03/2016, 12:53 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Facebook
KOMPAS.com - Facebook baru-baru ini merilis plug-in untuk yang memungkinkan artikel di WordPress dibuka lewat aplikasi Facebook mobile dalam format Instant Articles.

Instant Articles adalah cara Facebook memudahkan penggunanya yang ingin membaca artikel dari tautan tertentu. Artikel tersebut lebih ringan dan lebih cepat dimuat, karena menanggalkan komponen-komponen yang tidak diperlukan.

Dikutip KompasTekno dari Blog Facebook, Selasa (8/3/2016), plugin Instant Article tersebut telah dirilis oleh Facebook untuk Wordpress pada Senin (7/3/2016) lalu.

Plug-in tersebut membuat RSS feed khusus yang secara otomatis akan mengoptimalkan posting artikel agar ditampilkan sesuai format Instant Articles.

Dijelaskan pula oleh Facebook bahwa plug-in yang bersangkutan mendukung video autoplay secara native, tanpa perlu tambahan apa pun.

"Grafis interaktif dan sosial media juga didukung," demikian tulis Facebook.

Instant Articles akan mulai tersedia untuk umum pada 12 April, saat Facebook mengadakan pertemuan developer di ajang F8 di San Francisco, AS.

Ratusan industri media dan penerbitan diklaim Facebook telah berkomitmen menggunakan fiturnya itu.

"Visi kami memang untuk membuat sesuatu yang bisa dipakai oleh penerbit artikel di seluruh dunia," kata Product Manager Facebook, Josh Roberts.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Instant Articles Facebook di WordPress, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com