Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet XL "Panen" Saat Gerhana Matahari 9 Maret

Kompas.com - 10/03/2016, 15:55 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Bersamaan dengan terjadinya gerhana matahari total di sejumlah wilayah Indonesia, lalu lintas layanan data XL Axiata (XL) melonjak tajam. Artinya saat itu banyak orang yang justru internetan.

Melalui keterangan resmi pada KompasTekno, Kamis (10/3/2016), pada momen tersebut banyak pelanggan XL yang mengunggah foto dan video, ukurannya pun besar.

Pantauan terhadap jaringan pun menunjukkan adanya kenaikan lalu lintas pemakai 2G, 3G, dan 4G hingga 40 persen dibanding hari biasa.

"Kami sudah prediksi fenomena gerhana matahari total akan diabadikan oleh masyarakat luas, lalu mereka berbagi foto dan video ke mana saja," ujar Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

"Aktivitas mengabadikan dan membagikan foto secara serentak itu, menurut saya merupakan salah satu fenomena yang menarik di era digital ini," imbuhnya.

Menurut Yessie, XL sudah mengoptimalkan kinerja jaringannnya sebagai mengantisipasi kenaikan lalu lintas pengguna.

Optimalisasi dilakukan di titik-titik menjadi pusat pengamatan gerhana. Antara lain di Belitung dan Palembang.

Lonjakan lalu lintas pengguna data di Palembang dan Palangkaraya tercatat meningkat 30 persen. Balikpapan mengalami lonjakan 100 persen, sedangkan Jakarta yang cuma mengalami gerhana sebagian melonjak 30 persen.

Lalu lintas data tertinggi ada di Belitung. XL memang baru saja menyalakan sinyal 4G LTE di sana, tepatnya sepekan sebelum peristiwa gerhana matahari total.

Kemudian saat gerhana matahari total terjadi, Rabu (9/3/2016), lalu lintas data di jaringan 4G LTE mencapai 3350 persen.

Sinyal internet cepat XL sendiri memang belum didistribusikan rata ke seluruh pulau. Mereka hanya menghidupkannya di daerah-daerah wisata, bandara serta pusat kota.

Di Belitung juga terjadi lonjakan penggunaan 3G hingga 75 persen dan 2G hingga 85 persen dibanding hari biasa.

Lonjakan lalu lintas data terjadi karena orang-orang dari berbagai daerah datang dan berkumpul di titik tertentu untuk melihat gerhana matahari total. Orang-orang itu juga mengakses internet dan langsung membagikan foto atau video karya mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com