Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Isi Kemasan Android "VoLTE" Andromax R2

Kompas.com - 11/03/2016, 09:19 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel pintar Smartfren Andromax kali ini bukan hanya relatif murah, tapi juga bisa dipakai untuk menjajal teknologi mutakhir, yaitu voice over LTE (VoLTE).

Seperti namanya, VoLTE adalah panggilan suara yang disalurkan melalui jaringan 4G LTE, bukan 2G GSM atau 3G seperti yang biasa dilakukan selama ini.

Keuntungannya, antara lain, VoLTE bisa menghasilkan suara yang lebih jernih karena memiliki kapasitas penghantaran data yang lebih besar. Bisa pula digunakan untuk aplikasi lain seperti video call dengan nomor seluler.

Smartfren sendiri bekerja sama dengan sejumlah produsen untuk membuat seri smartphone Andromax R2 dan E2 yang bisa dipakai untuk bertelepon via jaringan internet 4G LTE.

KompasTekno, Kamis (10/3/2016) kebetulan mendapatkan satu set penjualan Andromax R2, seri yang dengan spesifikasi paling tinggi untuk saat ini.

Kotak penjualan ponsel ini berwarna merah terang. Saat dibuka, pengguna bisa menemukan sebuah ponsel, charger, kabel data, earphone, panduan pemakaian, kartu garansi serta sebuah kartu SIM perdana Smartfren.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Isi kemasan Andromax R2 antara lain ponsel, charger, kabel USB, kartu garansi dan panduan pemakaian, serta sebuah earphone

Ponsel Andromax R2 tersebut memiliki bentang layar 5 inci dengan resolusi HD (720x1280 piksel). Di bagian tepinya terlihat balutan kerangka logam yang memberikan kesan tangguh dan mewah.

Spesifikasi lainnya adalah otak pemrosesan berupa Qualcomm Snapdragon 415 octa core 1,4 GHz, GPU Adreno 405, RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Kamera utamanya setajam 13 megapiksel, dan kamera depan 5 megapiksel.

Pengguna juga bisa menambahkan micro-SD dalam slot yang disediakan di tepi kanan ponsel. Kapasitas micro-SD maksimal yang didukung sebesar 32 GB.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Meskipun dibanderol murah, bodi ponsel ini tak terlihat murahan dengan balutan rangka logam seperti ini

Soal pasokan daya, Smartfren membekali Andromax ini dengan baterai berkapasitas 2320 mAh. Karena memiliki dua slot kartu SIM, pengguna juga bisa memasang kartu milik operator lain di slot kedua.

Dengan semua spesifikasi tersebut, anak usaha Sinarmas tersebut membanderol Andromax R2 seharga Rp 1,7 juta. Berikut ini foto-foto selengkapnya.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Ponsel ini memiliki kamera 13 megapiksel dengan dual tone LED flash

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Tepi kiri Andromax R2 terdapat slot kartu SIM serta tombol power
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com