Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 16 Bulan, “Lollipop” Akhirnya Lewati “Kitkat”

Kompas.com - 11/03/2016, 19:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, pada minggu ini, Android 5.0 alias Lollipop tercatat berhasil menjadi versi sistem operasi Android yang paling banyak dipakai.

Data bulanan dari Google yang dirangkum KompasTekno dari ZDnet, Jumat (11/3/2016) memperlihatkan bahwa Lollipop kini menguasai 36,1 persen “lahan” OS Android, mengalahkan versi sebelumnya, Kitkat (Android 4.4) yang meraih angka 34,3 persen.

Bulan sebelumnya, populasi Kitkat masih lebih besar dibandingkan Lollipop, yakni 35,5 persen berbanding 34,1 persen.

Bagaimana dengan versi teranyar, Android 6.0 Marshmallow?

Sistem operasi ini ternyata baru memiliki pangsa yang sangat kecil, hanya 2,3 persen atau sebanding dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang diluncurkan lebih dari 4 tahun lalu.

Google Data Google soal presentase pangsa masing-masing versi OS Android hingga 7 Maret 2016

Perangkat Android memang dikenal lamban soal upgrade ke OS versi terbaru. Lollipop misalnya, butuh waktu 16 bulan sebelum menjadi versi paling dominan.

Ini terjadi karena fragmentasi di ekosistem Android. Masing-masing pabrikan perangkat bebas memilih kapan akan menyalurkan update software terbaru. Itu pun kalau mereka bersedia atau secara teknis mampu memperbarui OS.

Lollipop sendiri sudah beredar sejak November 2014. Sistem operasi ini menjadi ajang perkenalan konsep visual “material design” dari Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com