Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hacker Kehilangan Rp 11 Triliun Hanya Karena "Typo"

Kompas.com - 11/03/2016, 21:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com - Kesalahan ketik alias typo memang bisa bikin berabe. Contohnya seperti kejadian yang dialami oleh sekelompok hacker pembobol bank ini pada Februari lalu.

Para hacker tersebut membobol jalur digital bank sentral Bangladesh. Kemudian, mereka  mulai mentransfer uang ke rekening-rekening penampung di Filipina dan Sri Lanka, dari sebuah rekening di Federal Reserve Bank of New York.

Sial buat mereka, dari jumlah 1 miliar dollar AS yang rencananya bakal ditransfer, sebesar 870 juta dollar AS atau lebih dari Rp 11 triliun di antaranya berhasil dicegat pihak berwajib.

Sebabnya berakar dari sebuah typo sederhana. Ketika ingin memindahkan dana 20 juta dollar AS ke sebuah yayasan bernama Shalika Foundation, para hacker rupanya salah mengetik kata “Foundation” jadi “Fandation”.

Dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Jumat (11/3/2016), kejanggalan ini lantas terendus oleh seorang staf di Deutsche Bank yang bergegas mengontak otoritas di Bangladesh untuk mengklafirikasi. Saat itulah diketahui bahwa pembobolan bank tengah berlangsung.

Setelah diselidiki, yayasan “Shalika Foundation” ternyata fiktif alias tak pernah ada.

Pihak berwenang di New York turut curiga karena ada banyak permintaan transfer bernilai besar mengarah ke rekening perorangan, bukan bank lain. Transaksi-transaksi kemudian diblokir dan dana sejumlah 870 juta dollar AS tadi berhasil diselamatkan.

Sayang, duit sejumlah 81 juta dollar AS sudah terlanjur ditransfer dan dibawa kabur oleh para hacker yang identitasnya hingga kini masih belum diketahui.

Otoritas Bangladesh mengatakan bahwa kecil kemungkinan para pencuri digital ini bisa dibekuk. Uang yang digasak pun sulit sekali untuk dikembalikan. Kalaupun bisa, bakal butuh waktu hingga berbulan-bulan.

Para penyelidik menyimpulkan bahwa para hacker yang bersangkutan punya pengetahuan mendalam soal cara kerja bank sentral -mungkin diperoleh dengan cara memata-matai pegawai- dan berasal dari luar Bangladesh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com