Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Digitalkan Nelayan Yogyakarta dan Balikpapan

Kompas.com - 12/03/2016, 08:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - XL Axiata (XL) memperluas jangkauan program mFish miliknya ke Yogyakarta dan Balikpapan. Sejumlah nelayan pun berkesempatan mendapat paket mFish yang berguna sebagai alat bantu kerja berbasis teknologi digital.

Paket mFish terdiri dari ponsel, kartu SIM XL, pengisi baterai tenaga matahari, tas anti air dan kabel data.

Khusus untuk Yogyakarta, XL membagikan 160 paket untuk nelayan Pantai Baron, Gunung kidul, serta 100 lainnya untuk nelayan Pantai Depok, Bantul.

"Kami mulai mengimplementasikan mFish di Yogyakarta dengan harapan teknologi digital ini bisa dipakai oleh nelayan yang membutuhkan dukungan dan membuat mereka lebih produktif," terang Vice President Central Region XL, Bambang Parikesit melalui keterangan resmi pada KompasTekno, Sabtu (12/3/2016).

Dia menambahkan nelayan yang mendapat paket ini tidak dilepas begitu saja tanpa pendamping. XL bekerja sama dengan PT Komunika Mitra Pratama untuk menyediakan petugas yang mengunjungi dan mendampingi pemakaian mFish selama 6 bulan.

Sementara itu di Balikpapan, XL menggelontorkan total 500 paket mFish. Setengahnya diberikan pada nelayan di Kampung Baru, setengahnya lagi diberikan pada nelayan di Manggar.

Sama seperti di Yogyakarta, XL juga menyediakan pendampingan pada nelayan di Balikpapan. Operator yang identik dengan warna biru itu bekerja sama dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Balikpapan.

Selanjutnya tim ITK akan mengajarkan dan mendampingi pemakaian mFish tersebut. Durasi pendampingan ini pun sama, yaitu 6 bulan.

Sekadar diketahui mFish merupakan nama aplikasi yang dikembangkan oleh Tone. XL mendistribusikannya kepada nelayan dengan harapan bisa membantu meningkatkan kualitas hidup mereka.

Aplikasi tersebut dibekali dengan informasi yang berguna bagi nelayan, antara lain prakiraan cuaca, lokasi plankton, arah dan kecepatan angin, hingga komunikasi antar nelayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com