Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Flashdisk" Dicuri, Puluhan Ribu Data Rahasia ISIS Bocor

Kompas.com - 12/03/2016, 14:25 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Wired
KOMPAS.com — Sebuah flashdisk yang berisi berbagai informasi rahasia Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dicuri oleh anggota mereka yang membelot. Akibatnya, informasi di dalamnya pun bocor.

Ilmuwan komputer dari University of Pennsylvania, Matt Blaze, menilai, kehilangan tersebut sama fatalnya dengan serangan peretas yang berhasil menjebol departemen personalia milik pemerintah federal Amerika Serikat.

Bedanya adalah skala data yang diperoleh dari flashdisk milik ISIS ini lebih kecil.

Dari dalam flashdisk milik ISIS itu, lembaga-lembaga antiteror bisa menemukan macam-macam data rahasia serta informasi pribadi milik 22.000 prajurit teror mereka.

Informasi pribadi yang dimaksud antara lain berupa nama, nomor telepon, kota kelahiran, hingga tipe darah orang tersebut.

Selain soal nama atau nomor telepon, data dalam flashdisk juga memuat daftar pertanyaan dalam wawancara calon prajurit ISIS. Salah satunya mengenai negara mana saja yang pernah dikunjungi.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Wired, Jumat (9/3016), jika data tersebut benar-benar asli, kebocoran ini punya arti penting bagi kegiatan antiteror.

Lembaga mana pun yang memiliki salinan data itu bisa memakainya untuk melacak anggota ISIS serta memutus jalur perekrutan prajurit teroris baru.

Data mengenai negara yang pernah dikunjungi juga berguna untuk memetakan rute sebaran prajurit-prajurit ISIS yang berkewarganegaraan asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Wired

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com