Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Upgrade" Kartu Grafis Radeon Bisa Semudah Pasang "Flashdisk"

Kompas.com - 15/03/2016, 09:37 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - AMD bekerja sama dengan produsen perkakas gaming Razer memperkenalkan teknologi XConnect yang mempermudah pemasangan kartu grafis tambahan untuk tenaga ekstra saat main game, dengan hanya menggunakan enclosure eksternal.

Alat ini bisa dibilang serupa enclosure harddisk eksternal, tapi isinya kartu grafis. XConnect terhubung ke komputer PC atau notebook melalui konektor Thunderbolt 3 yang sanggup mentransfer data hingga 40 gigabit per detik.

XConnect diklaim sebagai perangkat "Plug 'n Play". Pengguna tinggal menancapkannya ke port Thunderbolt yang tersedia di notebook atau PC, kartu grafis eksternal pun akan langsung dikenali sistem dan bisa dipakai tanpa harus melakukan restart.

"Kartu grafis bisa ditancapkan dan dilepas kapanpun, seperti USB flashdisk saja," sebut AMD dalam laman resmi XConnect, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (15/3/2016).

Aspek menarik lainnya, pengguna bebas mengganti kartu grafis yang terpasang di dalam XConnect. Dengan kata lain, enclosure ini bersifat upgradeable.

Adapun kartu grafis yang bisa dipakai bersamaXConnect antara lain adalah sebagai berikut. Tentu, semuanya merupakan seri Radeon buatan AMD.

Radeon R9 Fury
Radeon R9 Nano
Radeon R9 300 series
Radeon R9 290X
Radeon R9 290
Radeon R9 285

Dukungan untuk Radeon R9 Fury X tidak diberikan karena ukuran radiatornya yang mencapai 120 mm sulit untuk dipasang di enclosure eksternal.

Driver yang dibutuhkan untuk menggunakan XConnect adalah Radeon Software Crimson Edition 16.2.2 atau yang lebih baru.

"Teknologi AMD XConnect membuat gamer tidak perlu lagi mengorbankan portabilitas untuk kinerja di notebook gaming," kata Raja Koduri, SVP dan Chief Architect, Radeon Technologies Group AMD, dalam sebuah keterangan tertulis.

"Kami berharap bisa menciptakan ekosistem notebook yang dilengkapi dengan AMD XConnect bekerja sama dengan para produsen terkemuka," pungkas Koduri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com