Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyektor Sony Sulap Meja Jadi Layar Sentuh

Kompas.com - 15/03/2016, 10:36 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Sony sedang mengembangkan sebuah teknologi yang cukup keren. Saat ini, tim R&D perusahaan asal Jepang tersebut mengembangkan sebuah purwarupa proyektor yang mampu menyulap semua permukaan datar menjadi layar sentuh.

Purwarupa tersebut saat ini sedang dipamerkan di ajang SXSW, yang berlangsung di Austin, Texas.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Selasa (15/3/2016), purwarupa tersebut dilengkapi dengan sensor kedalaman dan pelacak gerakan. Keduanya akan berperan untuk mengenali objek apa saja yang ada di atas benda datar, misalnya meja.

The Verge Proyektor ini dapat mengetahui kedalaman cangkir

Contohnya kira-kira seperti ini. Saat meletakkan cangkir di atas meja, proyektor bisa mengetahui bahwa objek yang ditaruh di atas meja itu adalah sebuah cangkir. Dengan sensor kedalaman, proyektor juga bisa mengetahui kedalaman atau volume dari cangkir tersebut.

The Verge Proyektor ini dapat "menyulap" buku menjadi versi interaktif

Proyektor tersebut juga bisa mengenali dan menyulap sebuah buku menjadi versi interaktif yang disertai gambar dan animasi. Saat pengguna membuka buku, proyektor akan langsung memindai halaman buku dan mengubahnya menjadi lebih menarik dengan animasi tersebut.

Proyektor ini juga bisa merespons pergerakan jari dari pengguna.

Sayang, proyektor tersebut dikembangkan oleh Future Lab milik Sony. Itu artinya, proyektor ini bisa saja tetap menjadi purwarupa dan tidak diproduksi secara massal.

Pasalnya, kebanyakan produk yang dikembangkan lab tersebut hanya berupa konsep dan purwarupa saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com