Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual Rp 5 Jutaan, iPhone SE Kapan Masuk Indonesia?

Kompas.com - 22/03/2016, 13:29 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Apple akhirnya memperkenalkan iPhone 4 inci dinihari ini, Selasa (22/3/2016) waktu setempat di Cupertino Hall, AS. Bertajuk "SE", iPhone tersebut digadang-gadang sebagai ponsel termurah keluaran Apple.

Harganya mulai 399 dollar AS atau setara Rp 5,2 juta untuk versi 16 GB. Padahal, spesifikasinya hampir identik dengan iPhone 6S.

Bagi yang sudah tak sabar memiliki si iPhone mini, Apple bakal membuka pemesanan (pre-order) mulai 24 Maret 2016.

Selanjutnya, per 31 Maret 2016, iPhone SE sudah tersedia di lebih dari 100 negara, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno.

Beberapa negara Asia masuk dalam daftar 100 negara tersebut. Antara lain Singapura, China, Jepang, dan Hong Kong. Pada akhir Mei, Apple berjanji bakal memboyong iPhone SE ke negara-negara lainnya.

Pun begitu, belum jelas kapan Indonesia kebagian jatah. Dari rekam jejak yang sudah-sudah, iPhone teranyar biasanya masuk enam bulan hingga satu tahun setelah peluncuran resminya. Artinya, sekitar September mendatang iPhone SE diharapkan sudah bisa dibeli di tanah air.

Sebagai catatan, iPhone 6S yang diluncurkan September tahun 2015 lalu hingga kini belum juga dijual resmi di Indonesia. 

Bagi yang sudah tak sabar, bisa membeli ke negara terdekat (Singapura) dengan harga mulai 658 dollar Singapura atau sekitar Rp 6,3 juta. Harga lengkap iPhone SE di Singapura bisa dicek di situs Apple Singapura, www.apple.com/sg.

Adapun negara-negara lainnya meliputi Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Jerman, Perancis, dan Selandia Baru.

Fitur iPhone SE

iPhone SE mengusung prosesor A9 64 bit dipadankan dengan prosesor motion M9. Dukungan asisten digital Siri pun sudah "hands-free" alias mumpuni dengan perintah suara saja.

Kameranya berkualitas 12 megapiksel, dilengkapi dual flash dan focus pixels untuk pembidikan gambar yang lebih jernih dan natural. Selain itu, dukungan "live photos" yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 6S pun tersedia pada iPhone kecil ini.

Konektivitas iPhone SE dianggap pas menjawab kebutuhan aktivitas digital masa kini. Dengan dukungan jaringan LTE berkecepatan hingga 150 Mbps, iPhone SE diklaim 50 persen lebih unggul ketimbang iPhone 5S. Apalagi, fitur VoLTE juga sudah tersedia.

iPhone SE tersedia dalam empat varian, yakni abu-abu, silver, emas, dan rose gold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com