Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo Dikabarkan Stop Produksi Konsol Wii U

Kompas.com - 23/03/2016, 17:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com — Tahun 2016 agaknya bakal menandai akhir riwayat Wii U. Sebuah kabar terbaru yang dirangkum KompasTekno dari VentureBeat, Rabu (23/3/2016), menyebutkan bahwa konsol game teranyar dari Nintendo tersebut kabarnya bakal berhenti diproduksi menjelang akhir tahun ini.

Laporan dari media lokal Jepang, Nikkei, turut mengatakan bahwa Nintendo sudah menghentikan produksi sejumlah aksesori Wii U.

Wii U disinyalir bakal digantikan oleh produk baru yang namanya belum diketahui pasti dan hanya dikenal dengan sebutan “Nintendo NX”.

Hadir pertama kali pada 2012, Wii U memperkenalkan konsep unik dengan menghadirkan unit controller yang berbentuk seperti tablet.

Konsol seperti itu rupanya kurang diminati pasar. Nintendo selaku pembuatnya pun kesulitan bersaing dengan para pesaing, seperti Microsoft Xbox One dan Sony PlayStation 4, meski Wii U sudah lebih dulu dirilis selama setahun sebelum kedatangan dua rivalnya tersebut.

Nintendo, misalnya, hanya berhasil menjual 12,6 juta unit Wii U di seluruh dunia (per Februari 2016) dalam waktu empat tahun kiprahnya. Sementara itu, angka penjualan PlayStation 4 sudah mendekati 40 juta unit dalam waktu yang lebih singkat.

Konsol game Nintendo sebelumnya, Wii, bernasib lebih baik dengan mencatat angka penjualan lebih dari 100 juta unit dalam periode 2006-2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com