Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2016, 07:46 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Drone atau pesawat tanpa awak yang diberi nama Cracuns ini punya kemampuan unik. Drone itu tak hanya sanggup terbang di udara, melainkan juga bisa menyelam di dalam air.

Cracuns sendiri merupakan singkatan dari Corrosion Resistant Aerial Covert Unmanned Nautical System. Penciptanya adalah sekelompok peneliti dari John Hopkins University.

Bodi Cracuns tidak dicetak dengan cara biasa. Para peneliti itu membuatnya menggunakan printer 3D agar murah dan mendapatkan bobot yang ringan.

Sementara itu komponen-komponen elektronik yang jadi inti drone Cracuns diletakkan dalam kotak penyimpanan terpisah. Kotak ini terlindungi dari air meski drone dibawa menyelam.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (23/3/2016), komponen lain yang ada di bagian luar mendapatkan lapisan khusus antikarat. Lapisan ini mengamankannya dari korosi ketika digunakan di air laut.

Kendat Cracuns masih berupa purwarupa, peneliti telah membuktikan bahwa drone tersebut bisa bertahan di bawah permukaan air selama dua bulan.

"Teknisi di laboratorium Fisika Terapan John Hopkins University sudah lama mengerjakan proyek pesawat tanpa awak serta sistem milik kapal selam angkata laut," terang manajer proyek tersebut, Jason Stipes.

Mereka tidak menjanjikan Cracuns bisa dipakai untuk berbagai jenis keperluan. Satu hal yang pasti, kemampuannya bertahan di bawah permukaan air membuat drone ini cocok untuk misi pengintaian.

Berikut ini video singkat mengenai drone yang bisa meyelam sekaligus terbang di udara tersebut.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com