Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doodle Google Belepotan di Festival Holi

Kompas.com - 24/03/2016, 08:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com - Logo "Google" di laman utama Google.com hari ini (23/3/2013) tampil polos dengan warna cokelat muda. Tapi hal itu tak berlangsung lama karena logo yang dikenal dengan sebutan doodle tersebut tiba-tiba seolah "ditimpuki" aneka serbuk warna dalam sebuah animasi sehingga tampak belepotan.

Google, sang raksasa internet, rupanya sedang memperingati festival Holi melalui animasi tersebut. Holi merupakan tradisi musim semi yang dirayakan di India dan Nepal.

Perayaan Holi berlangsung selama dua hari, dimulai dari hari Purnima (bulan purnama) di bulan Falgun dalam kalender Bikram Sambat Hindu, atau sekitar akhir Februari hingga Maret dalam kalender Masehi.

Pada malam sebelum perayaan, warga berkumpul dan berpesta. Esok harinya, mereka ikut serta dalam Rangwali Holi. Para peserta terlibat dalam sebuah kegiatan permainan masal, mereka saling berusaha "mewarnai" orang-orang dengan melempar serbuk berwarna atau cat air.

Aneka macam mainan pun boleh dipakai dalam event akbar yang diselingi canda dan gelak tawa ini, mulai dari balon berisi cat sampai pistol air. Semua orang kebagian "jatah" ditimpuki serbuk tepung aneka warna, tanpa memandang tua, muda, tetangga, atau orang asing.

Alhasil, semua orang pun tampil belepotan, persis seperti Doodle tadi. Sebab itu pula Holi turut dikenal sebagai Festival Warna.

Di balik perayaan Holi terkandung makna filosofis, yakni menangnya kebaikan atas keburukan. Perayaan ini turut dimanfaatkan sebagai ajang saling bertemu, saling memaafkan, dan tentu saja, saling bersenang-senang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com