Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Kontroler Nintendo NX Ternyata Palsu

Kompas.com - 28/03/2016, 14:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Eurogamer


KOMPAS.com - Minggu lalu, beredar bocoran foto yang disinyalir memperlihatkan unit kontroler dari konsol game Nintendo generasi berikutnya, NX.

Sayang, meski sekilas tampak meyakinkan, perangkat dalam gambar beresolusi tinggi itu ternyata bukan kontroler Nintendo NX yang sebenarnya, alias palsu.

Hal ini diakui sendiri oleh pembuatnya, seseorang bernama Frank Sandqvis dalam sebuah video “pengakuan”, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Euro Gamer, Senin (28/3/2016).

“Saya dan saudara kebetulan punya perusahaan yang memiliki printer 3D. Saya pikir mungkin lucu untuk menunjukkan betapa mudahnya menciptakan ulang perangkat itu,” ujar Sandqvist dalam videonya.

Memang ada dua foto kontroler Nintendo NX yang beredar minggu lalu. Foto pertama dibuat dengan aplikasi Photoshop, sementara foto kedua merupakan kreasi Sanqvist yang dibikin berdasarkan penampakan alat dalam foto pertama.

Akan halnya perangkat foto Sandqvist, dia membuatnya dengan memakai bahan akrilik hitam mengilap yang dipotong berbentuk elips dan ditempel di molding hasil cetak printer 3D.

“Bagian ‘stik analog’ sebenarnya menyatu dengan base yang dicetak printer 3D. Hanya saja dicat dengan warna khusus agar terlihat mirip karet,” imbuh Sandqvist.

Sebenarnya para gamer dari berbagai kalangan sudah mencurigai bahwa kontroler Nintendo NX dalam dua gambar bocoran minggu lalu adalah barang palsu.

Ini karena keduanya tampak terlalu mirip dengan kontroler dalam paten yang diajukan Nintendo beberapa bulan lalu. Padahal, perangkat final biasanya mengalami perubahan dan tampak berbeda dibandingkan ilustrasi dalam paten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Eurogamer


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com