Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabir "Grand Theft Auto 6" Mulai Terungkap

Kompas.com - 29/03/2016, 14:12 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Slash Gear

KOMPAS.com - Meski terus mendapatkan pembaruan (update), game Grand Theft Auto V (GTAV) sebenarnya sudah cukup "berumur". Ia dirilis pada September 2013 atau sekitar dua setengah tahun lalu.

Sudah diluncurkan cukup lama, tentunya banyak pihak yang berharap bahwa Rockstar, sang pengembang, segera membuat penerus dari game tersebut.

Harapan itu tampaknya bakal segera menjadi terwujud. Seorang sumber yang tidak mau disebutkan telah membocorkan sedikit rencana Rockstar kepada Tech Radar.   

Sang sumber, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Slash Gear, Selasa (29/3/2016), membocorkan bahwa Rockstar saat ini telah masuk ke tahap awal pengembangan game GTA berikutnya, yakni GTA 6.

Meskipun begitu, Rockstar dikatakan masih belum menentukan kota tema dari game berikutnya tersebut.

Rockstar memang selalu memilih sebuah kota nyata untuk dijadikan tema permainan. Sebagai contoh, permainan GTA V berpusat di sebuah kota rekaan bernama San Andreas, yang berdasarkan kota Los Angeles.

Game GTA 6 sendiri dikatakan bakal dikerjakan dalam engine baru. Engine tersebut dikembangkan agar bisa berjalan seoptimal mungkin di konsol PlayStation 4 dan Xbox One dalam versi yang lebih diperkuat.

Pernah pikirkan Tokyo sebagai tema kota

Sumber tersebut juga membocorkan sedikit proses pengembangan game GTA di masa lalu. Beberapa tahun lalu, Rockstar ternyata pernah mempertimbangkan Tokyo sebagai tema kota permainan.

Kemungkinan dimasukkannya Tokyo ke game GTA tersebut terjadi pada tahun 2003 lalu, setelah Rockstar merilis GTA 3 dan GTA: Vice City.

Kala itu, Rockstar dikatakan sudah sangat serius memasukkan Tokyo ke dalam game. Sampai-sampai, Rockstar sudah mengirim para karyawan ke Tokyo dalam misi riset, mengumpulkan foto lokasi sebagai referensi, dan merasakan kota Tokyo sebenarnya dengan mewawancarai penduduk.

Sayangnya, Rockstar tidak pernah mewujudkan impiannya tersebut. Hingga saat ini, memang masih belum ada game GTA yang berbasiskan di ibu kota Jepang tersebut.

Alasan dari pembatalan tersebut adalah sulitnya sistem jalanan Tokyo di kala itu. Selain itu, dengan berjalannya waktu, Rockstar juga semakin menyadari bahwa pengembangan game berdasarkan kota di luar AS memang sangat menyulitkan. Terutama dari segi lisensi properti dalam game, seperti brand baju hingga mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slash Gear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com