Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Gadget Apple Bermasalah, iOS 9.3 Dirilis Ulang

Kompas.com - 30/03/2016, 14:58 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ZDNet


KOMPAS.com - Usai gemerlap peluncurannya pada minggu lalu, sistem operasi mobile terbaru dari Apple, iOS 9.3, segera dirundung persoalan.

Banyak pengguna gadget Apple mengeluhkan update OS yang bersangkutan justru menimbulkan masalah, mulai dari aplikasi sering crash hingga ponsel hang. Yang paling parah, iOS 9.3 sukses “membunuh” sejumlah gadget lawas lewat bug aktivasi.

Sebab itulah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Rabu (30/3/2016), Apple awal pekan ini merilis ulang iOS 9.3.

Versi ketiga dari iOS 9.3 (build 13E5237) tersebut mengatasi masalah iPhone 5S atau model-model iPhone sebelumnya, berikut iPad Air atau model-model iPad sebelumnya, yang terkunci usai melakukan update.

Sebelumnya, Apple sudah merilis versi kedua dari iOS 9.3 (build 13E537) untuk mengatasi masalah yang sama pada tablet lawas iPad 2.

Apple sendiri mengakui bahwa iOS 9.3 bermasalah. “Kami menyadari adanya persoalan ini dan akan segera merilis perbaikan dalam sebuah update software,” tulis Apple dalam sebuah pernyataan singkat.

“Update software” dimaksud mungkin terpisah dari dua pembaruan iOS 9.3 di atas dan akan datang dengan nama lain, seperti iOS 9.3.1.

Hingga kini, update iOS 9.3 versi ketiga pun dilaporkan belum menyelesaikan masalah lain, seperti browser Safari dan aplikasi Mail yang sering crash atau hang ketika membuka tautan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com