Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone SE Tidak Sepenuhnya Baru

Kompas.com - 31/03/2016, 13:37 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com — Smartphone terbaru Apple, iPhone SE, ternyata tidak sepenuhnya baru. Sebab, hardware di dalamnya menggunakan komponen-komponen yang sudah dipakai di model iPhone sebelumnya.

Hal itu terungkap setelah situs Chipworks memereteli hardware iPhone SE, seperti dikutip KompasTekno dari Gizmodo, Kamis (31/3/2016).

Seperti diketahui, chip A9 yang dipakai iPhone SE sebelumnya sudah dipakai di ponsel flagship Apple, yaitu iPhone 6S. Sementara itu, RAM 2 GB dan kontroler NFC yang ada di dalamnya juga berasal dari iPhone 6S.

Untuk panel layar, karena menggunakan layar ukuran 4 inci, maka Apple tak perlu membuat panel baru lagi, cukup menggunakan komponen layar milik iPhone 5S yang memiliki ukuran dan resolusi yang sama.

Meski demikian, di beberapa bagian hardware, iPhone SE menggunakan komponen yang baru, seperti memori flash 16 GB buatan Toshiba, serta sistem manajemen daya yang telah diperbarui.

Dengan sistem manajemen daya yang baru itu, Apple berharap, baterai iPhone SE menjadi lebih hemat dari sebelumnya, yakni di model iPhone 5S.

Secara keseluruhan, iPhone SE adalah ponsel kencang dengan bodi mini yang menurut Apple sedang diinginkan oleh banyak konsumennya saat ini.

Untuk melihat lebih lanjut iPhone SE yang dipereteli oleh Chipworks, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com