Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Gmail Dipecat karena Guyonan "1 April", Google Menyesal

Kompas.com - 02/04/2016, 10:43 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com — Google mengaku menyesal dan meminta maaf atas lelucon yang tak lucu pada peringatan "April Mop", Jumat (1/4/2016) kemarin. Raksasa mesin pencari tersebut menyematkan sebuah fitur pengiriman GIF di dekat tombol "Send" untuk mengirim e-mail via Gmail.

GIF tersebut memperlihatkan karakter minion dari animasi "Despicable Me". Sang minion meletakkan mic lalu beranjak pergi dengan memasang muka tak bersahabat.

Dimaksudkan sebagai guyonan, malah lebih banyak orang yang dirugikan daripada yang tertawa. Salah seorang pengguna Gmail mengatakan di Google Forum bahwa ia dipecat setelah tak sengaja mengirimkan GIF tersebut ke bosnya.

Pengguna Gmail lainnya juga mengeluhkan ide April Mop Google. Pasalnya, mereka tak sengaja mengirimkan GIF ke bos, klien, dan orang-orang yang terkait secara profesional.

Alhasil, ada rasa tak enak dan canggung yang timbul dari sang pengirim sebab masih banyak orang yang tak cukup santai menanggapi humor demikian. 

"Sekali lagi kami meminta maaf. Kami senang dengan guyonan April Mop, tetapi kali ini kami menyesal karena lelucon ini mengecewakan kalian," kata Google, sebagaimana dilaporkan TheVerge, dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (2/4/2016).

Google mengakui kelalaian yang dilakukan timnya. Pasalnya, masih ada bug yang otomatis mengirimkan GIF tanpa pengguna memilih opsi tersebut.

April Mop memang ajang melakukan hal konyol atas nama "lucu-lucuan". Namun, ada hal-hal tertentu yang tak bisa dijadikan bahan bercanda. Dipecat setelah bercanda tentu tak lagi lucu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com