Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Cabut Aplikasi Android Buatan Taliban

Kompas.com - 05/04/2016, 12:20 WIB

KOMPAS.com - Alemarah, sebuah aplikasi untuk telepon Android yang diciptakan kelompok fundamentalis Islamis Taliban, telah dicabut dari Play Store Google.

Isi app dalam bahasa Pashto tersebut diantaranya berisi pernyataan resmi dan video dari gerakan Afghanistan itu.

Kelompok garis keras tersebut berpendapat 'masalah teknis' yang menjadi penyebab menghilangnya app itu tidak lama setelah diluncurkan pada tanggal 1 April.

Meskipun demikian BBC mengetahui bahwa aplikasi dicabut karena melanggar kebijakan app Google yang melarang penyebaran kebencian.

Alemarah ditemukan dan dilaporkan oleh organisasi bernama Site Intel Group di Amerika Serikat yang mengawasi gerakan jihadis.

Google menolak mengomentari masalah app secara khusus.

"Kebijakan kami dirancang untuk memberikan pengalaman yang menarik bagi para pengguna dan pengembang. Karena itulah kami mencabut app di Google Play yang melanggar kebijakan ini," demikian isi pernyataannya.

Juru bicara Taliban mengatakan kepada Bloomberg bahwa aplikasinya adalah 'bagian dari usaha teknologi canggihnya guna mencapai pemakai yang lebih mendunia'.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com