Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Olimpiade Pertama Dunia, Google Berhias ala Yunani

Kompas.com - 06/04/2016, 08:51 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google Doodle hari ini, Rabu (6/4/2016) merayakan olimpiade modern pertama dunia. Kompetisi olahraga internasional ini berasal dari Yunani dan diselenggarakan pertama kali di kota Athena, 120 tahun yang lalu, tepatnya pada 6 April 1896.

Memeriahkan peringatan olimpiade modern pertama tersebut, Google hari ini memajang logo dua tiang dan hiasan daun salam ala Yunani. Sedangkan di bagian huruf "O" terdapat ilustrasi cabang olahraga tertentu, misalnya marathon.

Sebenarnya olimpiade atau kompetisi berbagai cabang olahraga lahir di era Yunani Kuno. Mempertimbangkan sejarah tersebut, olimpiade era modern pertama diselenggarakan di kota Athena, tepatnya di stadion Panathenaic.

Olimpiade musim panas ini kemudian dikenal dengan nama Games of the I Olimpiad dan berlangsung antara 6 April 1896 hingga 15 April 1896. Kurang lebih ada 14 negara dan 241 orang atlet yang berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Negara yang ikut serta antara lain Australia, Austria, Bulgaria, Chile, Denmark, Prancis, Jerman, Inggris, Yunani, Hungaria, Italia, Swedia, Swiss, serta Amerika Serikat.

Dengan catatan, semua itu merupakan perkiraan saja karena pada masa tersebut belum terbentuk sebuah tim nasional. Hanya atlit dan kewarganegaraannya saja yang tercatat.

Pantauan KompasTekno, dalam arsip Doodle buatannya, Google menulis bahwa olimpiade pertama dunia itu melombakan 9 cabang olahraga. Satu cabang yang paling menonjol dalam olimpiade modern pertama tersebut adalah marathon dengan jumlah peserta terbanyak dibanding olahraga lain.

Cabang olahraga lain yang dilombakan adalah bersepeda, anggar, senam, menembak, renang, tenis, angkat beban serta gulat.

Olimpiade musim panas tersebut kemudian menjadi agenda tahunan dan diselenggarakan bergilir antar-negara.

Kendati merupakan negara asal olimpiade, Yunani baru dua kali menjadi tuan rumah acara internasional itu. Pertama adalah saat  olimpiade modern pertama pada 1896, dan kedua pada olimpiade musim panas 2004 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com