Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Startup NataProperty Wakili Indonesia di Echelon Singapura

Kompas.com - 06/04/2016, 15:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - NataProperty dipilih oleh juri Echelon Indonesia masuk ke dalam Top 100 Qualifier yang akan beradu dengan startup-startup lainnya di ajang Echelon Singapura pada Juni 2016 mendatang.

Pengumuman tersebut dilakukan di sela ajang Echelon Indonesia 2016 yang digelar di Balai Kartini Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Menurut Geraldine Oetama, salah satu dewan juri yang menilai, NataProperty dipilih karena menjadi jawaban untuk permasalahan lokal.

"Semua yang berkompetisi bagus-bagus, namun kami memilih (startup) yang memiliki solusi untuk permasalahan-permasalahan besar yang ada saat ini," kata Geraldine.

Nata Property sendiri adalah situs portal yang mempertemukan pengembang properti, agen-agen pemasaran, dan calon konsumennya.

Dalam situs tersebut, agen-agen properti bisa menemukan banyak informasi unit-unit properti yang dijual dan harganya, sekaligus melakukan simulasi penghitungan pembiayaan.

Smart selling tool untuk agen properti

Dijelaskan oleh Co-Founder Nata Property, Benny Saputro, NataProperty pada awalnya adalah Management Property System yang dikembangkan oleh holding company-nya, Nata Solusindo sejak 2015.

"Dari situ kami berpikir, kalau implementasi sistem terus, nggak akan ada habisnya, karena itu kami membuat web ini," kata Benny kepada KompasTekno.

www.nataproperty.com Situs web NataProperty.
Sistem yang menurut Benny harganya bisa mencapai Rp 2 hingga 3 miliar itu bisa diakses dan dipakai secara gratis oleh developer (pengembang properti) dan agen-agen penjualannya.

"Tiap unit yang terjual kami charge percentage, kecil kok hanya 0,25 hingga 0,5 persen," ujar Benny. Saat ini, total sudah ada 400-an agen yang tersebar di Jabodetabek telah menggunakan jasa NataProperty.

Sementara Co-Founder Sandra Vandhi menjelaskan, NataProperty menargetkan pengguna dari perusahaan-perusahaan yang baru terjun di dunia properti yang butuh panduan SOP penjualan properti.

"Ini menjadi smart selling tool untuk agen, di dalamnya ada banyak informasi yang bisa di-browse, ada foto, video, hingga harga properti real time sekaligus simulasi pembiayaannya," kata Sandra.

Saat ini Nata property baru bisa diakses melalui browser web di URL www.nataproperty.com , namun Benny mengatakan pada akhir Mei mendatang akan meluncurkan aplikasinya utnuk platform Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com