Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mirrorless" Panasonic Lumix GX85 Janjikan Foto lebih Tajam

Kompas.com - 07/04/2016, 09:42 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Anggota keluarga kamera mirrorless Lumix dari Panasonic baru saja bertambah dengan kehadiran Lumix GX85, model terbaru yang diposisikan di bawah model flagship Lumix GX8.

Berbeda dari sang “kakak” yang sudah dibekali sensor micro four-thirds 20 megapiksel terbaru, Lumix GX85 hanya datang dengan sensor 16 megapiksel seperti model-model mirrorless lawas dari Panasonic.

Meski begitu, sang pembuatnya menjanjikan foto tangkapan Lumix GX85 bakal lebih tajam dari para pendahulu. Ini karena Panasonic meniadakan komponen low-pass filter pada Lumix GX85.

Low-pass filter adalah komponen yang melapis sensor pada kamera digital. Fungsinya adalah meredam efek moire dengan sedikit “memburamkan” gambar.

“Dengan meniadakan low-pass filter, kemampuan (Lumix GX85) merekam detail halus bakal meningkat lebih dari 10 persen dibandingkan sensor 16 megapiksel lain,” sebut Panasonic, seperti dirangkuk KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (7/4/2016).

Panasonic Bagian top plate Panasonic Lumix GX85

Lumix GX85 sendiri tampak seperti perpaduan dua model Lumix GX8 dan Lumix GX7. Di punggungnya terdapat layar sentuh 3 inci yang bisa ditekuk ke atas selebar 80 derajat dan ke bawah selebar 30 derajat.

Bagian jendela bidik (EVF) dicomot dari Lumix GX7, dengan resolusi 2,7 megapiksel dan aspect ratio 16:9. Berbeda dari Lumix GX8 dan Lumix GX7, EVF milik Lumix GX85 tak bisa ditekuk ke atas untuk pemotretan dari sudut rendah.

Fitur baru lain yang dibenamkan pada Lumix GX85 mencakup in-body image stabilizer 5-axis yang mampu bekerja secara tandem dengan image stabilizer di lensa, serta konektivitas Wi-Fi dan NFC untuk tersambung dengan gadget mobile.

Panasonic turut menambah shutter tipe baru yang diklaim lebih senyap dan mampu meredam efek shutter shock. Kecepatan rana maksimalnya 1/4.000 detik dan 1/160 detik untuk sinkronisasi dengan flash.

Lumix GX85 rencanaya bakal mulai dijual pada bulan Mei mendatang dengan banderol 800 dollar AS atau sekitar Rp 10,5 juta, termasuk lensa kit 12-32mm f/3.5-5.6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com