Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencipta "Firewall" China Malu Sendiri Kena Senjata Makan Tuan

Kompas.com - 08/04/2016, 06:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com - Fang Binxing adalah sosok kreator di balik mekanisme “Great Firewall” yang membatasi akses internet di China. Dia dikabarkan kena "senjata makan tuan" atau menjadi korban dari pemblokiran yang diciptakannya sendiri.

Dirangkum KompasTekno dari Time, Kamis (7/4/2016), kisah memalukan ini bermula saat  sedang berbicara di depan hadirin dalam sebuah seminar bertema keamanan internet di Harbin Institute of Technology, China.

Saat coba mengakses sebuah situs Korea Selatan, langkah Fang dihentikan oleh mekanisme firewall. Dia pun kemudian terpaksa memakai jasa virtual private network (VPN) untuk melewati pemblokiran.

Dengan kata lain, Fang melakukan pelanggaran peraturan negara dengan mengakses konten terlarang di depan publik. Ironisnya, hal tersebut dilakukan agar ia bisa melewati mekanisme pemblokiran yang dibuatnya.

Kejadian ini kontan menuai cibiran dari warga jagat maya di Negeri Tirai Bambu. “Cepat atau lambat, badut ini beserta para perangkatnya bakal masuk sejarah sebagai tokoh yang memalukan,” ujar seorang pengguna Weibo.

Fang telah menjadi sosok kontroversial di China sejak membantu kelahiran Great Firewall. Teknologi yang dibikinnya dipakai pemerintah Negeri Tirai Bambu untuk memblokir situs-situs asing yang populer, seperti Facebook dan Google.
 
Walhasil, warga China terpaksa mengandalkan VPN untuk mengakses layanan-layanan online yang dblokir. Hal serupa terjadi pula di Indonesia, di mana pemerintah juga menutup akses ke sejumlah situs internet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com