Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Bawaan iOS Bakal Bisa Disembunyikan?

Kompas.com - 10/04/2016, 11:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Aplikasi bawaan iOS seperti Stocks, Maps, atau Watch tidak bisa dihapus karena bisa mengganggu fungsi perangkat. Siri, misalnya, bakalan sulit memberi arahan kalau tak ada aplikasi Maps.

Namun, dalam waktu dekat nanti, para pemilik gadget Apple agaknya bakal bisa menyembunyikan aneka aplikasi default yang belum tentu terpakai itu.

Hal tersebut diketahui dari penambahan sejumlah kunci baru ke baris kode metadata iTunes, bunyinya “isFirstParty” dan “isFirstPartyHideableApp”, seperti dirangkum KompasTekno dari The Telegraph, Minggu (10/4/2016).

Sekarang keduanya di-set dengan value “false”. Apple disinyalir akan “menyalakan” fitur yang bersangkutan pada Juni mendatang, bertepatan dengan ajang tahunan World Wide Developers Conference (WWDC).

CEO Apple Tim Cook sebelumnya mengaku sudah tahu bahwa sebagian pengguna iOS ingin bisa menyembunyikan aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak dipakai.

“Kami akan mencari cara (untuk melakukan itu)… Kami tak mau memakan tempat. Kami ingin Anda bahagia,” ujar Cook.

Sejauh ini, gadget Apple yang digunakan di lingkungan bisnis dan sekolah sudah bisa menyembunyikan aplikasi default dengan tool Apple Configurator 2.2. Apple TV juga punya kemampuan serupa.

WWDC pada Juni mendatang diprediksi bakal turut menjadi ajang perkenalan dua sistem operasi iOS 10 dan Mac OS X 10.12 yang mengintegrasikan Siri untuk pertama kalinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com