Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jejak Facebook Messenger Mencontek Snapchat

Kompas.com - 12/04/2016, 13:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Fitur terbaru Facebook Messenger bisa disebut sangat mirip dengan Snapchat. Ternyata, bukan kali ini saja Facebook Messenger meniru fitur yang terdapat di Snapchat.

Facebook punya sejarah panjang dalam membuat fitur baru yang "terinspirasi" dari Snapchat. Pada 2012, misalnya, jejaring sosial terbesar di dunia itu meluncurkan Poke.

Seperti Snapchat, pengguna Poke bisa chatting lewat teks, foto, dan video yang tampil sementara sebelum terhapus secara otomatis.

Setelah itu, muncul Facebook Slingshot yang mengkhususkan diri pada foto dan video. Sayangnya, baik Poke maupun Slingshot tak berhasil menarik pengguna dan perlahan-lahan menghilang dari peredaran.

Entah ada hubungannya atau tidak, pada 2013, Facebook sempat berupaya membeli Snapchat seharga 3 miliar dollar AS atau tiga kali lipat nilai Instagram ketika diakuisisi.

Meski sangat menggiurkan, tawaran tersebut justru ditolak oleh pendiri sekaligus CEO Snapchat, Evan Spiegel, yang lebih memilih untuk mengembangkan bisnisnya sendiri ketimbang berada di bawah naungan Facebook.

MSQRD Tampilan aplikasi MSQRD yang diakuisisi oleh Facebook pada awal Maret
Semenjak itu, Facebook mulai gencar menambah fitur-fitur baru ala Snapchat ke aplikasi pesan instan Messenger miliknya yang diklaim sudah memiliki 900 juta pengguna.

Yang terbaru, Facebok diduga kuat bakal segera menambah fitur "animated filter" yang mampu mengubah wajah penggunanya dalam video secara real-time di Messenger.

Indikasi soal ini terlihat dari akuisisi perusahaan live filter dan face swap MSQRD, bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com