Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Kamera "Piring Terbang" Seharga Rp 400 Juta Buatan Facebook

Kompas.com - 13/04/2016, 11:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Guna mendorong pertumbuhan konten video 360 derajat, sekaligus konten video virtual reality (VR), Facebook membuat desain kamera yang bisa merekam video 360 derajat yang bisa dipakai oleh videografer.

Kamera rancangan Facebook itu diberi nama Surround 360 yang dirangkai dalam sebuah rig yang menyerupai bentuk piring terbang seharga 30.000 dollar AS (sekitar Rp 400 juta).

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (13/4/2016), rig kamera tersebut terdiri atas 14 kamera dengan lensa sudut lebar yang ditata melingkar, ditambah satu lensa fish-eye di bagian atas, serta dua di bagian bawah rig.

Dengan susunan kamera seperti demikian, jika video disambung-sambungkan maka video yang direkam tidak akan menampilkan pegangan yang dipasang di kamera, kendala yang dihadapi oleh video VR saat ini.

Menurut Facebook, kameranya itu bisa merekam video selama berjam-jam tanpa kendala kepanasan. Setiap sensor kamera yang dipasang juga diklaim bisa merekam video resolusi 8K.

Video bisa ditonton melalui berbagai perangkat virtual reality, seperti Samsung Gear VR dan Oculus Rift.

Menurut Facebook, videonya itu bisa diunggah ke jejaring sosialnya dengan hanya sedikit pemrosesan.

Untuk melihat video tangkapan Surround 360, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com