Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rancang "Blue Screen" Baru Windows 10 Jadi Keren

Kompas.com - 14/04/2016, 06:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna Windows tentu akrab dengan “Blue Screen of Death” (BSOD, atau biasa disingkat Blue Screen) yang akan muncul ketika komputer mengalami crash karena suatu sebab dan terpaksa di-restart.

Kecuali gigit jari atau pasrah, biasanya tak banyak yang bisa dilakukan ketika layar mengerikan ini tiba-tiba muncul. Serangkaian penjelasan yang muncul di Blue Screen pun sukar dimengerti.

Nah, di pembaruan Windows 10 berikutnya, Microsoft disinyalir bakal membuat Blue Screen tersebut tampil keren.

Tampilan barunya dinilai keren karena bisa membantu pengguna mencari penyebab pasti ketika sistem crash,berbeda dari tampilan saat ini yang banyak membuat pengguna kebingungan.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Kamis (14/4/2016), bantuan dimaksud adalah QR Code yang bisa dipindai oleh ponsel.

QR Code ini berisi URL yang akan mengarahkan pengguna ke laman Microsoft, di mana terdapat penjelasan mengenai penyebab masalah.

Keberadaan QR-Code Blue Screen ini terungkap dari Windows 10 Insider Preview build 14316. Ia tampak berada di bawah karakter smiley ASCII berbentuk wajah sedih.

Untuk sekarang, QR Code yang bersangkutan hanya menuju URL windwos.com/stopcode. Ke depan, Microsoft mungkin berencana menyediakan laman khusus berisi informasi lebih detail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com