Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Messenger Bakal Dilengkapi “Robot"

Kompas.com - 14/04/2016, 07:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechCrunch


KOMPAS.com - Daripada repot menyediakan call center untuk melayani para pelanggan yang ingin menyampaikan keluhan, memesan barang atau jasa, bagaimana jika kalangan bisnis bisa menyediakan “mesin otomatis” yang bisa memenuhi semua kebutuhan konsumen?

Itulah yang ditawarkan oleh Facebook melalui program chatbot (chat robot) di aplikasi pesan instan Messenger. Kehadiran program bernama resmi “Bots for Messenger” ini diumumkan dalam konferensi F8, Selasa (12/4/2016) lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch.

Nantinya, konsumen bakal bisa memakai Messenger untuk melakukan hal-hal seperti memesan tiket pesawat atau penginapan. Kegiatan tersebut akan dilayani oleh chatbot, bukan manusia, milik pelaku usaha, dalam hal ini maskapai atau pengelola hotel.

Chatbot bisa berlaku layaknya manusia sungguhan dalam menanggapi pelanggan. Selain kalimat terstruktur layaknya dalam percakapan, Chatbot di Messenger juga mampu mengirim gambar, tautan, dan tombol action (misalnya untuk memesan tiket tadi).

Dengan demikian, Facebook berharap Messenger bisa menjadi pusat kegiatan bisnis. Pelanggan tak perlu lagi membuka beberapa aplikasi karena semuanya bisa dilakukan lewat Messenger.

Facebook juga berniat memakai chatbot untuk mengirim iklan ke pelanggan yang sebelumnya telah menghubungi sebuah pelaku bisnis. Untungnya, kanal obrolan dari chatbot ini nantinya bisa dimatikan oleh pengguna untuk meminimalisir gangguan,

Messenger sendiri kini tercatat sudah memiliki 900 juta pengguna aktif. Facebook cenderung bereksperimen menambahkan fitur-fitur baru di layanan ini, sementara membiarkan WhatsApp tetap berfokus pada chatting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com