Hampir Semua Pengguna Internet Indonesia Memakai Facebook - Kompas.com

Hampir Semua Pengguna Internet Indonesia Memakai Facebook

Oik Yusuf
Kompas.com - 15/04/2016, 10:21 WIB
ist Ilustrasi Facebook mobile


KOMPAS.com — Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah RGA Facebook terbesar di dunia. Jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di Tanah Air mencapai kisaran 82 juta orang pada kuartal-IV 2015.

Hal tersebut disampaikan oleh Business Group Head Facebook Reynold D’Silva saat berbicara dalam jumpa pers di sela acara industri marketing Mobile Moves People di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

“Jumlah itu tumbuh dari 77 juta pengguna yang tercatat setahun sebelumnya,” ujar D’Silva yang mengutip informasi dari data internal Facebook per Maret 2016.

Angka yang disebutkan D’Silva mendekati jumlah keseluruhan pengguna internet di Indonesia pada 2015, sebesar 88,1 juta atau 34,9 persen dari total 252,4 juta penduduk. Dengan kata lain, hampir semua pengguna internet Indonesia turut memakai Facebook.

D’Silva mengungkapkan bahwa sebagian besar (94 persen) dari 82 juta pengguna Facebook Indonesia mengakses jejaring sosial tersebut dari perangkat mobile.

Facebook Jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada kuartal-IV 2016, menurut data internal Facebook

Jumlah 82 juta berlaku untuk pengguna aktif bulanan, yakni mereka yang mengakses Facebook paling tidak sekali dalam waktu satu bulan. Untuk pengguna aktif harian (daily active user) yang selalu membuka Facebook tiap hari, angkanya tercatat sebesar 43 juta.

Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak keempat di dunia, setelah Amerika Serikat (194 juta), India (130) juta, dan Brasil (102 juta). Adapun urutan kelima ditempati Meksiko dengan 60 juta pengguna.

Data dari China tidak dihitung karena Facebook hingga kini belum diizinkan untuk beroperasi di Negeri Tirai Bambu. Secara global, Facebook memiliki lebih dari 1,4 miliar pengguna.

Selain Facebook, menurut D’Silva, layanan photo sharing Instagram yang dimiliki Facebook juga mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia, mencapai 100 persen dalam setahun terakhir.

“Pengguna Instagram di Indonesia kini sudah 22 juta. Sekitar 90 persen di antaranya merupakan warga generasi millenial dengan rentang usia 18 hingga 34 tahun,” pungkasnya.

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM