Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Akhirnya Punya "Emoji" yang Keren

Kompas.com - 15/04/2016, 14:47 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google akan merilis sejumlah desain emoji atau emoticon baru bersama dengan Android N. Emoji tersebut dirancang dengan bentuk yang lebih mirip manusia dan dilengkapi dengan berbagai ekspresi.

Selama ini emoji Android cenderung dianggap kurang menarik. Saat pengguna memakai dan mengirimkannya ke pengguna lain pun seringkali bentuknya berubah atau justru hilang karena platform penerima tak bisa membacanya.

Google akhirnya berniat memperbaiki masalah tersebut. Raksasa mesin pencari itu akan merilisnya sebagai bagian dari Android N.

Emoji terbaru ini terlihat lebih jelas merepresentasikan manusia, terlihat normal, dan memiliki variasi warna kulit. Pengguna akan lebih mudah memahami berbagai ekspresi yang ditampilkannya.

Seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (15/4/2016), bila emoticon lama dan rancangan baru ini dibandingkan, pengguna akan menemukan perbedaan yang mencolok.

Contohnya saja emoji polisi di bawah ini. Pada versi saat ini bentuknya cenderung terlihat sebagai bulatan kuning yang diberi aksesori topi polisi, sedangkan rancangan baru di sisi kanannya terlihat mirip seorang polisi.

Google Perbandingan antara emoji lama dengan emoji baru untuk Android N
Emoji baru tersebut baru bisa dijajal oleh pengguna yang mengunduh Android N developer preview edisi terbaru. Dengan kata lain, baru tersedia untuk pengembang aplikasi saja dan belum bisa dijajal publik.

Google baru akan merilisnya ke publik saat penggarapan Android N sudah masuk fase terakhir. Bila garapan sistem operasi baru ini lancar sesuai jadwal, Android N kemungkinan bakal diluncurkan pada Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com