Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Robot Bikinan Sharp Dijual Rp 24 Juta

Kompas.com - 15/04/2016, 17:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com — Di tengah seragamnya bentuk ponsel masa kini yang melulu didominasi touch screen, Sharp berani melempar model smartphone Android dengan rupa di luar kebiasaan.

Bernama RoboHon, ponsel pintar bikinan pabrikan Jepang itu tak ubahnya sebuah robot mungil, lengkap dengan sepasang tangan dan kaki.

Tingginya 19,5 cm, dengan berat 390 gram, dan cuma punya layar 2 inci di bagian punggung (berikut proyektor di kepala yang mampu memproyeksikan gambar HD) sehingga lebih mirip robot ketimbang ponsel.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Jumat (15/4/2016), RoboHon yang kali pertama muncul dalam tradeshow CEATEC, Oktober 2015, ini mampu melakukan aktivitas ala robot berbentuk manusia, seperti berjalan dan berdansa.

Ia dikendalikan melalui perintah suara. Beberapa fungsi lain, seperti memanggil taksi dan membantu mencarikan resep masakan, rencananya bakal ditambah.

Perancangnya berharap, RoboHon kelak bisa berfungsi sebagai "asisten" pribadi bagi pemiliknya, bukan sekadar berperan sebagai smartphone.

Di dalam, RoboHon memiliki jeroan setara ponsel Android low-end dengan prosesor Snapdragon 400, Android 5.0, dan kamera 8 megapiksel.

Sharp berencana memasarkan RoboHon di Jepang pada 26 Mei mendatang lewat operator NTT DoCoMo. Sayang, banderolnya terbilang mahal, mencapai kisaran 198.000 yen (Rp 24 juta) atau dua kali lebih tinggi dibandingkan iPhone model terkini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com