Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 7S Dipastikan Pakai Samsung

Kompas.com - 18/04/2016, 11:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple dipastikan menggunakan komponen buatan kompetitornya, Samsung untuk iPhone versi berikutnya, kemungkinan iPhone 7s.

Komponen yang dipasok Samsung mulai tahun 2017 adalah layar OLED (Organic Light Emiting Diode) untuk iPhone.

Nilai kontrak kesepakatan antara keduanya mencapai 2,59 miliar dollar AS, seperti dilaporkan The Korea Herald, dan dikutip KompasTekno, Senin (18/4/016).

Dalam kesepakatan tersebut, Samsung berkomitmen untuk memasok 100 juta unit panel layar OLED ukuran 5,5 inci dalam jangka satu tahun.

Dengan layar OLED ini, Apple bisa memangkas ketebalan perangkat iPhone sehingga menjadi lebih tipis lagi, pasalnya layar OLED tidak membutuhkan sinar backlight seperti dalam layar LCD.

Layar OLED juga mampu menampilkan gambar yang lebih tajam dan warna yang lebih cemerlang, walau ongkos produksinya tinggi dan siklus umurnya relatif lebih pendek.

Rumor soal penggunaan layar OLED oleh Apple ini telah berhembus sejak Januari lalu, saat Apple dikabarkan mendekati vendor Samsung dan LG Display.

Kabar yang beredar selanjutnya adalah Samsung diketahui menanamkan modal hingga 7,47 miliar dollar AS untuk menambah kapasitas produksi layar OLED demi memenuhi kebutuhan Apple.

Selain Samsung, Apple juga kemungkinan akan meminta pasokan layar OLED dari LG Display dan vendor lain seperti AU Optronics dan Japan Display.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com