Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Hadirkan Video "Live Streaming" 360 Derajat

Kompas.com - 19/04/2016, 09:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Sejak 2015, YouTube memungkinkan pengguna mengakses video 360 derajat lewat platform-nya. Kini, layanan berbagi video tersebut mengambil langkah pengembangan lebih lanjut.

YouTube kini mulai mengakomodir video siaran langsung alias live streaming berformat 360 derajat.

Sebagai awal, beberapa performa artis pada rangkaian festival Coachella di Los Angeles, AS, akan disiarkan langsung di YouTube. Ini tentu kabar gembira bagi para penggemar yang tak berkesempatan hadir langsung pada festival tersebut.

"Tahun ini kami memboyong video festival yang tak pernah ada sebelumnya, yakni menyiarkan langsung performa beberapa artis dalam format seperti nyata," kata perwakilan YouTube, seperti dilansir KompasTekno, Selasa (19/4/2016) dari TrustedReviews.

Pengguna bisa menikmati konten tersebut melalui Google Cardboard atau perangkat realitas virtual (virtual reality) yang tersedia di pasaran. Misalnya Samsung Gear VR, HTC Vive, dan Oculust Rift.

Jika tak punya perangkat VR, pengguna bisa mengakses video lewat desktop atau ponsel dengan menggunakan kursor atau soft button pada layar sentuh untuk mengubah perspektif.

Ke depan, siapa saja yang memiliki kamera 360 derajat dan akses internet dengan kecepatan unggah antara 10 hingga 20 Mbps, bisa menyiarkan langsung video mereka via YouTube.

Selain itu, YouTube juga menambahkan fitur "spatial audio" untuk format video 360 derajat. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mendengarkan audio berdasarkan perspektif visual yang disaksikan.

Namun, kemampuan ini hanya diperuntukkan bagi video-video YouTube on-demand atau berbayar. "Spatial audio memungkinkan pengguna mendengar seperti di kehidupan nyata," kata Chief Product Officer YouTube Neal Mohan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com