Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pelatih" Steve Jobs dan Mark Zuckerberg Meninggal Dunia

Kompas.com - 19/04/2016, 09:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Pria di balik kesuksesan Steve Jobs, Mark Zuckerberg, dan Larry Page meninggal dunia pada usia 75 tahun, Senin (18/4/2016). Ia tak lain adalah Bill Campbell.

Nama Bill Campbell memang tak setenar ketiga muridnya tersebut. Namun, di balik kesuksesan pendiri Apple, Facebook, dan Google tersebut, peran Campbell tak bisa disepelekan.

Ia adalah pelatih dan penasihat para petinggi perusahaan teknologi di Silicon Valley. Selain tiga nama di atas, pendiri Amazon Jeff Bezos pun kerap meminta saran pada Campbell.

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Campbell menghembuskan nafas terakhir dalam keadaan tertidur. Ia diketahui telah lama mengidap kanker.

"Keluarga mengapresiasi semua cinta dan dukungan, namun untuk sementara butuh privasi," kata pihak keluarga.

Selain menjadi guru bagi Jobs, Zuckerberg, Page, dan Bezos, Campbell juga mendirikan perusahaan perangkat lunak keuangan bertajuk "Intuit". Ia juga pernah diberi jabatan strategis di Apple. Di luar ranah teknologi, Campbell pun sempat menjadi pelatih sepak bola di Columbia University, AS.

Dalam sebuah wawancara pada 2014 silam, Campbell mengaku tak tahu mengoperasikan HTML. Ia memang bukan penasihat untuk hal-hal teknis. Lebih spesifik, ia kerap diminta pendapat saat para pimpinan TI hendak mengambil keputusan.

"Saya hanya melatih mereka tentang bagaimana menjalankan perusahaan dengan baik," kata dia kala itu

Campbell meninggalkan seorang istri bernama Eileen Bocci Campbell, anak lelaki bernama Jim Campbell, dan anak perempuan bernama Margareth Campbell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com