Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Video, Suara di "Huawei VR" Juga 360 Derajat

Kompas.com - 19/04/2016, 11:20 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Huawei turut terjun ke industri realitas virtual alias "virtual reality". Dalam sebuah acara peluncuran di Shanghai, China, vendor tersebut memperkenalkan perangkat bertajuk "Huawei VR".

Headset itu kompatibel dengan tiga ponsel premium Huawei. Ketiganya adalah P9, P9 Plus, dan Mate 8.

Lalu, apa bedanya Huawei VR dengan Samsung Gear VR, HTC Vive, atau Oculus Rift yang sudah lebih dulu dikenal pasar?

Dilansir KompasTekno, Selasa (18/4/2016) dari Engadget, Huawei VR diklaim sebagai perangkat pertama yang mengakomodir kemampuan suara 360 derajat alias "360-degree sound field". Jadi Huawei VR tak hanya menampilkan video 360 derajat, suara yang dihasilkan pun 360 derajat.

Ini artinya, suara yang terdengar saat menikmati konten visual di headset tersebut benar-benar terasa seperti mengelilingi pengguna. Kesannya kurang lebih serupa dengan efek suara di bioskop-bioskop premium.

Namun, perlu diketahui bahwa kemampuan suara 360 derajat itu harus didukung konten yang memadai. Untuk itu, Huawei VR menawarkan 4.000 film gratis, 40 game gratis, dan lebih dari 150 tur panoramik visual dalam acara peluncurannya.

Jika ditilik dari segi desain, Huawei VR sepintas mirip dengan Samsung Gear VR. Sisi depan mematrikan kover layar yang di dalamnya sudah dijepitkan sebuah ponsel.

Tentu saja ponsel tersebut menjalankan aplikasi VR yang didukung Huawei VR. Ada juga panel sentuh, tombol belakang, dan tombol volume, untuk menavigasikan perangkat.

Pengguna tak bisa memakai kacamata saat menggunakan Huawei VR. Sebagai solusinya, diopter lensa headset tersebut bisa disetel agar orang yang rabun jauh pun tetap bisa menikmati tampilan jelas, asalkan minus matanya masih di bawah 7.

Untuk spesifikasi, perangkat ini memiliki latensi 20ms dan luas jarak pandang 95 derajat. Diketahui, Samsung Gear VR menawarkan luas jarak pandang hingga 96 derajat. Sementara HTC Vive dan Oculus Rift lebih luas dengan 110 derajat.

Belum diumumkan harga patokan untuk memiliki perangkat VR buatan Huawei. Belum jelas pula kapan Huawei bakal memboyong perangkat tersebut ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com