Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai VPN Gratis, "Browser" Opera Bisa Buka Situs Apa Saja

Kompas.com - 22/04/2016, 15:32 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Browser Opera untuk komputer kini dilengkapi dengan fitur virtual private network (VPN) gratis yang bisa dipakai oleh semua pengguna. Selain cuma-cuma, layanan VPN ini juga bisa digunakan tanpa batasan data (unlimited).

Dalam peluncuran awal ini, server VPN Opera baru ada di tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Jerman. Server di negara lain dijanjikan akan ditambah dalam update versi Opera di masa mendatang.

"Hingga saat ini, kebanyakan layanan VPN dan server proxy cukup terbatas dan berbayar, Opera ingin membuat VPN tersedia untuk semua orang," tulis Opera dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (22/4/2016).

Selain bisa dipakai untuk mengakses situs-situs yang dibatasi secara regional, VPN diklaim bisa melindungi browser saat menggunakan internet di Wi-Fi publik. Penggunaan VPN juga bisa membuat akses ke sebuah situs lebih aman.

"Pengguna Opera desktop kami mendapatkan cara praktis untuk meningkatkan privasi online mereka, serta akses mudah ke semua konten online favorit mereka tidak peduli di manapun mereka berada," kata SVP Opera, Krystian Kolondra.

Untuk menggunakan fitur VPN, pengguna harus mengunduh aplikasi browser Opera versi developer di situs resminya dengan URL Opera.com/developer.

Setelah diinstalasi, pengguna bisa mengaktifkan fitur VPN dengan klik Menu berlogo "O", pilih “Settings/Pengaturan" atau “Preference/Kesukaan” kalau di komputer Mac, lalu pilih “Privacy dan Security”, dan aktifkan fitur VPN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com