Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sennheiser HD800S Dijual Rp 27 Juta di Indonesia

Kompas.com - 23/04/2016, 12:57 WIB

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS - Sennheiser kembali merilis headphone audio kelas high-end di Indonesia. Kali ini, perusahaan audio terkenal asal Jerman tersebut merilis perangkat bernama HD800S.

Headphone itu sudah mulai dijual di pasaran dalam negeri. Banderol harganya cukup tinggi, yakni Rp 27 juta.

Meski memiliki label harga setinggi itu, Sennheiser mengaku tidak gentar untuk memasarkannya di Indonesia. Pihak tersebut yakin bahwa masih ada yang mau merogoh saku dalam-dalam demi mendapat perangkat yang diklaim memiliki audio kelas premium ini.

HD800S sendiri memiliki ukuran besar dengan bantalan yang menyentuh kepala pengguna, mengelilingi daun telinga sehinga nyaman dipakai dalam waktu yang lama. Menariknya, bahan bantalan tersebut umumnya digunakan untuk interior pada mobil mewah.

Produk ini juga dijual dengan sebuah kabel balanced tambahan seharga Rp 700.000. Kabel tersebut diklaim dapat mengurangi bising dan memperkuat detail musik yang diperdengarkan.

HD630VB, headphone Rp 8 jutaan

Merasa HD800S terlalu mahal? Sennheiser masih punya satu headphone premium lagi dengan banderol yang lebih murah.

Dalam perhelatan Sennheiser Sound Forum di Jakarta, Rabu (20/4), turut hadir headphone tipe HD630VB. Produk yang satu ini masuk ke kisaran harga Rp 8,3 juta untuk satu unit.

"Kami memfokuskan diri pada produk premium yang harus diakui tidak murah harganya. Untuk menghasilkan kualitas seperti seperti seri sebelumnya yakni HD 800 saja butuh waktu 10 tahun," kata Ng Chee Soon, Presiden dan Direktur Pasar Asia untuk Sennheiser.

Dengan pendekatan tersebut, lanjutnya, Sennheiser tetap dipercaya sebagai merek produk audio yang mengedepankan kualitas oleh para pengguna, termasuk di Indonesia. Dari sisi angka penjualan, Soon memang mengakui masih didominasi kelas pemula dan menengah mulai harga Rp 100.000 hingga Rp 1 juta.

Ada dua jenis

Untuk memberikan pemahaman mengenai kualitas audio yang bisa dinikmati penggemar headphone, Sennheiser juga mengadakan semacam sosialisasi mengenai jenis perangkat dengan peruntukannya masing-masing.

Misalnya, headphone jenis tertutup yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik lebih detail tanpa gangguan dari kebisingan suara sekitar karena diisolasi bahan tertutup.

Penyuara kuping jenis itu, cocok digunakan untuk mendengarkan musik dansa elektronik (EDM) atau musik rock karena isolasi tersebut membuat suara bas terdengar lebih menonjol dan hentakannya lebih terasa.

Jenis berikutnya adalah headphone terbuka. Bagian telinga headphone ini menggunakan bahan tipis sehingga suara dari luar tetap masuk terdengar. Karena bahannya yang tipis, orang di sekeliling pengguna bisa mendengar musik yang sedang disuarakan penyuara kuping.

Namun, hal tersebut membuat pengguna bisa mendengarkan musik dengan ambience lebih luas seolah dia berada di panggung tempat musik diperdengarkan.

Headphone terbuka cocok dipakai untuk mendengarkan musik live. Dengan bahan yang tipis juga membuat udara tetap bisa mengalir sehingga headphone tetap bisa nyaman digunakan dalam waktu panjang.

HD800S yang baru dijual di Indonesia masuk ke kategori headphone terbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com