Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baidu Kembangkan Mobil Tanpa Sopir di "Kampung" Google

Kompas.com - 24/04/2016, 19:36 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com — Baidu semakin agresif dalam berupaya mengembangkan mobil tanpa sopir. Perusahaan asal China itu sampai membentuk sebuah tim penelitian khusus di Silicon Valley.

Tim yang ditempatkan di kampung halaman Google itu rencananya akan dikembangkan hingga beranggotakan lebih dari 100 teknisi dan peneliti. Tenggat waktunya hingga akhir 2016 ini.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Minggu (24/4/2016), tim tersebut akan menjadi bagian dari proyek Autonomous Driving Unit (ADU-US) dan mengerjakan berbagai hal, mulai dari perencanaan, persepsi, pengendalian, sampai soal sistem.

Baidu memilih Silicon Valley sebagai lokasi kerja tim mereka karena izin untuk menerapkan mobil tanpa sopir sudah diperoleh di daerah tersebut. Selanjutnya, mereka bakal mengembangkannya ke daerah lain, yang juga sudah disertai izin.

Sama seperti mobil tanpa sopir buatan Google, mobil milik Baidu juga akan diberi tanda. Tujuannya agar kepemilikan mobil tersebut bisa dilihat dengan jelas dan dapat dibedakan dengan mobil lain.

"Tim Baidu di Silicon Valley memegang peran penting dalam pembuatan mobil masa depan. Kami sepenuhnya menjalankan komitmen untuk mewujudkan mobil yang bisa bergerak tanpa sopir," ujar General Manager Baidu Autonomous Driving Unit, Jing Wang.

Sebelumnya, raksasa internet China itu memang sudah berulang kali dikabarkan sedang membuat mobil tanpa sopir. Sejak dua tahun lalu, mereka sudah bekerja sama dengan pabrikan mobil BMW dan Samsung untuk mewujudkannya.

Menurut kabar terakhir mengenai proyek mobil tanpa sopir itu, Baidu ingin meluncurkan teknologi tersebut untuk konsumen pada 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com