Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Pelanggan Spotify Bocor di Internet

Kompas.com - 26/04/2016, 13:11 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Daftar teks yang berisi ratusan akun dan password milik pengguna layanan streaming musik Spotify baru-baru ini beredar di internet.

Daftar tersebut muncul di situs Pastebin, layanan penyimpan teks secara online dalam periode tertentu. Data tersebut sudah muncul sejak beberapa hari lalu dan berisi informasi seperti e-mail, username, password, dan tipe akun (gratis atau berbayar).

Daftar tersebut juga menampilkan informasi kapan akun mereka akan diperbarui secara otomatis (auto renew), serta di negara mana mereka mendaftar.

Daftar tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari TechCrunch, Selasa (26/4/2016), bukan hanya berisi pengguna Spotify dari AS saja, melainkan juga dari berbagai negara.

KompasTekno belum mendapat informasi apakah ada akun dari pengguna di Indonesia yang juga dibobol.

Menurut Tech Crunch, pihaknya telah menghubungi beberapa alamat e-mail yang dibobol itu. Bisa dipastikan bahwa akun Spotify milih beberapa orang telah dibobol sejak beberapa hari yang lalu. Tech Crunch menolak memberikan tautan ke situs Pastebin demi melindungi konsumen.

Beberapa pengguna Spotify mengaku tidak bisa mengakses akunnya karena password yang biasa mereka masukkan ternyata salah. Mereka juga dikirimi pemberitahuan bahwa e-mail yang mereka pakai untuk mendaftar ternyata telah berganti.

Pengguna Spotify yang terimbas itu harus berhubungan dengan customer service Spotify untuk meminta agar akun mereka dikembalikan.

Selain itu, mereka juga mengatakan ada lagu-lagu yang mendadak muncul di daftar mereka, padahal tidak mereka tambahkan sendiri.

"Saya merasa akun saya telah dibajak sejak minggu lalu karena lagu terakhir yang diputar bukan lagu yang sering saya dengarkan," kata seorang korban pembobolan yang menolak disebut namanya.

Dibantah Spotify

Meski demikian, pihak Spotify melalui juru bicaranya membantah akun-akun penggunanya telah dibajak.

"Spotify tidak dibajak, data pelanggan kami tetap aman. Kami juga memonitor Pastebin dan situs-situs lain secara reguler. Saat kami melihat ada data rahasia Spotify, pertama-tama kami memastikan keasliannya, jika benar, kami akan memberitahu pengguna yang terimbas untuk mengganti passwordnya," demikian tulis keterangan resmi Spotify.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com