Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Bertambah, Twitter Tetap Rugi

Kompas.com - 27/04/2016, 11:24 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Pengguna aktif Twitter bertambah menjadi 310 juta orang hingga kuartal pertama 2016. Angka itu meningkat dua persen dari 305 juta pengguna aktif yang dilaporkan pada akhir 2015 lalu.

Hal ini merupakan pertanda baik. Pasalnya, dari kuartal ketiga ke kuartal keempat 2015, tak ada sama sekali pertumbuhan basis pengguna aktif Twitter.

Hal ini dinilai merupakan hasil kerja keras CEO Twitter Jack Dorsey dalam menelurkan berbagai upaya strategis untuk menarik minat netizen, antara lain ditilik dari antarmuka Twitter yang makin menonjolkan kekuatan visual, serta penambahan fitur-fitur baru.

Meski begitu, investor Twitter tampaknya tak puas. Pendapatan Twitter kuartal ini hanya terpaut 594,5 juta dollar AS atau setara Rp 7,8 triliun, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Rabu (27/4/2016).

Angka itu di bawah prediksi analis yang mematok pendapatan Twitter 607,8 juta dollar AS atau sekitar Rp 8 triliun.

Jangankan berharap untung, menutupi kerugian pun tidak. Memang, sejak didirikan pada 2006 lalu, Twitter belum mendapatkan keuntungan sama sekali.

Layanan mikroblog tersebut sudah berupaya memonetisasi layanannya dan berhasil meraup pendapatan. Namun, biaya operasi terus melambung.

Hingga akhir 2015 lalu, kerugian Twitter sudah mencapai 2,09 miliar dollar AS atau sekitar Rp 27,5 triliun. Kini, dengan angka pendapatan yang tak sesuai ekspektasi, saham Twitter pun terjun bebas lebih dari 14 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com