Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Rumah Tangga Lebih Cepat Serap Ilmu Program Komputer

Kompas.com - 28/04/2016, 06:17 WIB

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu rumah tangga diketahui lebih cepat menerima atau belajar materi pemrograman komputer. Hal tersebut terlihat dari program Coding Mum yang telah diselenggarakan pada hari Senin (25/4/2016) lalu.

Pendiri Clevio Coder Camp Aranggi Soemardjan, salah satu pihak penyelenggara acara Coding Mum, bahkan sampai mengaku kaget dengan cepatnya penyerapan materi oleh kaum ibu rumah tangga tersebut.

Kecepatan dalam menerima materi pembelajaran ini cenderung lebih baik jika dibandingkan dengan sebagian orang yang khusus memelajari bahasa pemrograman komputer sekalipun.

Aranggi juga mengungkapkan bahwa antusiasme terhadap program pembelajaran bahasa perograman itu juga terus meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan antusiasme tersebut tidak terbendung lagi oleh waktu dan batas usia.

Para peserta latihan, ujar Aranggi, bisa berdiskusi perihal bahasa program di grup WhatsApp hingga pukul 02.00 pagi.

Tingkat kepedulian tinggi

Menurutnya, peningkatan antusiasme itu terjadi menyusul kepedulian dan pemahaman yang sudah dimiliki terkait dengan relatif pentingnya pengetahuan mengenai bahasa pemrograman komputer.

Tantangannya sendiri adalah bagaimana membuat lebih banyak kaum ibu mengetahui dan memahami pentingnya bahasa program tersebut.

Aranggi berkata kebutuhan untuk hal tersebut memang relatif besar. Ini bisa dilihat dari sejumlah permintaan dari beberapa pihak. Permintaan itu bahkan datang tatkala sebagian ibu rumah tangga tadi belum lagi menuntaskan materi program yang mesti dipelajarinya.

Coding Mum sendiri merupakan program pendidikan dan pelatihan bahasa program komputer yang diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti Clevio Coder Camp. Acara ini telah bergulir sejak Februari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com