Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Mobile Dongkrak Keuntungan Facebook Tiga Kali Lipat

Kompas.com - 28/04/2016, 09:12 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Di kala Twitter masih merangkak naik untuk memperoleh seonggok keuntungan, Facebook makin betah berada di puncak kejayaan. Setidaknya hal itu yang terlihat dari laporan kuartal pertama 2016 kedua platform jejaring sosial itu.

Basis pengguna Twitter naik tak signifikan. Mikroblog tersebut tetap merugi. Sementara keuntungan Facebook naik hampir tiga kali lipat, tepatnya mencapai 195 persen.

Selama periode Januari hingga Maret, Facebook meraup profit 1,5 miliar dollar AS atau setara Rp 19,7 triliun, sebagaimana dilaporkan BBC dan dihimpun KompasTekno, Kamis (28/4/2016).

Angka itu melambung jauh dibandingkan profit 512 juta dollar AS atau Rp 6,7 triliun pada kuartal yang sama 2015 lalu.

Salah satu sumber pemasukan terbesar Facebook adalah iklan mobile. Sumbangsihnya mencapai 82 persen dari pendapatan iklan Facebook keseluruhan.

Hal ini tentu berkaitan dengan jumlah pengguna aktif Facebook. Saat ini, ada 1,65 juta netizen yang rutin mengakses Facebook tiap bulan. Pertumbuhannya mencapai 15 persen dibandingkan basis pengguna tahun lalu.

Selain Mark Zuckerberg dan karyawan Facebook, laporan kuartal ini tentu juga membuat para investor senang. Kekhawatiran mereka bahwa Facebook akan kesulitan saat beralih ke mobile ternyata tidak terwujud.

Selanjutnya, tantangan Facebook adalah membuktikan kehebatannya di industri realitas virtual alias virtual reality. Perangkat VR Oculus Rift buatan Facebook akan jadi penentu untuk hal ini.

Oculus Rift dijadwalkan hadir di pasaran pada akhir kuartal dua 2016. Apakah produk VR Facebook bisa sesukses jejaring sosialnya? Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com