Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Siaran Langsung Terganggu Notifikasi "Upgrade" Windows 10

Kompas.com - 28/04/2016, 15:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Semenjak Windows 10 mulai tersedia, Microsoft terus menerus menampilkan pop-up notifikasi untuk melakukan upgrade ke sistem operasi tersebut di komputer yang masih menjalankan versi Windows sebelumnya.

Notifikasi tersebut kadang bisa mengganggu, apalagi jika muncul di waktu yang tidak tepat seperti saat sedang melakukan siaran televisi secara langsung.

Itulah yang baru-baru ini dilaporkan terjadi pada stasiun TV KCCI 8 di AS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Kamis (28/4/2016).

Saat sedang menyiarkan program ramalan cuaca, window berisi imbauan untuk melakukan upgrade itu tiba-tiba muncul dan menghalangi tampilan peta cuaca dari pandangan pemirsa.

Untunglah sang presenter, Metinka Slater, tak kebingungan dan langsung melanjutkan program dengan luwes.

“Ah, Microsoft merekomendasikan upgrade ke Windows 10, apa yang harus saya lakukan? Tidakkah menyenangkan saat window ini muncul?” katanya setengah bercanda.

Untung pula sang operator komputer di balik layar tetap tenang dan langsung menutup window notifkasi. Kalau saja ia memilih opsi “upgrade saat ini juga” di window tersebut, maka komputer akan melakukan restart dan membuat siaran bertambah kacau.

Video yang rekaman kejadian ini bisa dilihat di situs YouTube di tautan berikut ini.

Lantaran mengganggu, dan dianggap terlalu agresif, pop-up notifikasi Windows 10 sering disebut sebagai “nagware” (dari kata “nag” yang artinya membuat kesal).

Hanya ada dua opsi yang ditampilkan di dalamnya, yakni “upgrade saat ini juga” dan “upgrade malam ini” sehingga tampak seolah memaksa pengguna melakukan upgrade. Satu-satunya cara menutup window adalah dengan menekan tombol “X” di pojok kanan atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com